Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

Advertisement

okein.com – Microsoft mengklaim jika masa hidup baterai smartphone dapat diperpanjang dengan pengembangan software. Baterai smartphone ini kedepan diharapkan mampu bertahan hingga sepekan.

Pada event MIT Technology Review’s Digital Summit minggu ini, peneliti Microsoft, Ranveer Chandra mengungkapkan jika dibutuhkan 15 tahun untuk meningkatkan kepadatan baterai. Daripada menanti lamanya pengembangan pada hardware, perusahaan tersebut berpikir untuk solusinya dengan cara software.

Pengembangan untuk memperluas masa hidup baterai dapat melibatkan dua baterai lithium-ion yang lebih kecil di dalam smartphone. Daripada menggunakan satu baterai tunggal, peneliti fokus pada penggunaan prototipe dual-cell.

Sehingga, jika satu baterai mendukung aplikasi untuk tenaga pemroses, maka baterai satunya lagi dapat berjalan dalam kondisi rendah energi saat ponsel di posisi idle. Sampai saat ini dalam pengembangan, prototipe dual-cell mampu memperluas masa hidup baterai hingga 50 persen dibandingkan penggunaan satu baterai tunggal pada ponsel.

Alternatif lainnya diberinama E-Loupe, yang mana paket software dapat mencari aplikasi yang sedang bekerja. Software canggih ini bisa mengatur baterai supaya tidak menyalurkan energi besar pada aplikasi yang tak digunakan dan mematikannya (shutdown) atau membatasi aktivitas aplikasi tersebut.

Advertisement

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply