TOP News
Home » Tekno » Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

okein.com – Microsoft mengklaim jika masa hidup baterai smartphone dapat diperpanjang dengan pengembangan software. Baterai smartphone ini kedepan diharapkan mampu bertahan hingga sepekan.

Pada event MIT Technology Review’s Digital Summit minggu ini, peneliti Microsoft, Ranveer Chandra mengungkapkan jika dibutuhkan 15 tahun untuk meningkatkan kepadatan baterai. Daripada menanti lamanya pengembangan pada hardware, perusahaan tersebut berpikir untuk solusinya dengan cara software.

Pengembangan untuk memperluas masa hidup baterai dapat melibatkan dua baterai lithium-ion yang lebih kecil di dalam smartphone. Daripada menggunakan satu baterai tunggal, peneliti fokus pada penggunaan prototipe dual-cell.

Sehingga, jika satu baterai mendukung aplikasi untuk tenaga pemroses, maka baterai satunya lagi dapat berjalan dalam kondisi rendah energi saat ponsel di posisi idle. Sampai saat ini dalam pengembangan, prototipe dual-cell mampu memperluas masa hidup baterai hingga 50 persen dibandingkan penggunaan satu baterai tunggal pada ponsel.

Alternatif lainnya diberinama E-Loupe, yang mana paket software dapat mencari aplikasi yang sedang bekerja. Software canggih ini bisa mengatur baterai supaya tidak menyalurkan energi besar pada aplikasi yang tak digunakan dan mematikannya (shutdown) atau membatasi aktivitas aplikasi tersebut.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Menarik! Mungkin Ini Planet Pengganti Bumi?

Menarik! Mungkin Ini Planet Pengganti Bumi?

okein.com – Belum lama ini tim ilmuwan dari para astronom Universitas Pennsylvania bersama lembaga terkait telah mempublikasikan jika terdapat sebuah planet yang mempunyai kandungan air layaknya di bumi. Tau Bootes, merupakan planet tersebut. Planet ini diketahui memiliki kandungan air yang bisa terdeteksi melalui atmosfer dari planet tersebut. Dengan ukuran planet sebesar Jupiter, Tau Bootes diketahui Read More »

Robot Curiosity, Temukan Susunan Batu Aneh Di Mars

Robot Curiosity, Temukan Susunan Batu Aneh Di Mars

okein.com – Curiosity adalah robot andalan milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) kini masih mengeksplorasi Planet Mars. Dalam kabar terbaru, robot canggih ini menemukan susunan batu unik yang ada di permukaan planet merah. Seperti dilansir dari Sciencedaily, Jumat (28/2/2014), penampakan susunan batu tak beraturan ini tertangkap kamera Navigation yang disematkan pada Curiosity. Dalam jepretan tersebut Read More »

Cara Mudah Menghemat Quota Internet Smartphone Anda

Cara Mudah Menghemat Quota Internet Smartphone Anda

okein.com – Bagi Anda pengguna ponsel Android, pasti sering menerima pemberitahuan (notifikasi) mengenai supaya memperbaharui (meng-update) sebuah aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Karena fitur Auto Update yang dalam kondisi On, seringkali mengganggu Anda tatkala jaringan internet sedang lemah ataupun kuota internet Anda sedang menipis, bahkan karena mungkin aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan atau jarang Read More »

Xbox One Kehadiran Konten Film Berbayar Dari EA

Xbox One Kehadiran Konten Film Berbayar Dari EA

okein.com – Electronic Arts (EA), sebuah penerbit game asal California resmi mengumumkan jika perusahaan telah menyediakan layanan yang mirip Netflix. Layanan ini dihadirkan pada Xbox One. Dalam kabar sebelumnya, Netflix adalah layanan menonton film atau movie via streaming. Dikabarkan dari Betanews, Selasa (12/8/2014), Electronics Arts meluncurkan Access, sebuah layanan permainan baru yang menyerupai layanan movie. Read More »