TOP News
Home » Tekno » Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto.

Dengan adanya media ini, para fotografer dapat mengupload, berbagi dan mengatur koleksi foto mereka. Yang membedakannya dengan layanan penyimpanan cloud lainnya adalah, Irista tidak mendukung file lain selain foto. Tentu saja hal disebabkan oleh sesuai peruntukannya seperti telah disebutkan sebelumnya.

Irista mempunyai sejumlah fitur built-in, layaknya fungsi berbagi ke Flickr dan Facebook, bahkan pengguna dimungkinkan untuk melihat komentar dari interface Irista.

Dalam layanan yang diluncurkan Canon ini, Pengguna dapat membuat album sebanyak yang mereka inginkan. Irista juga sudah mendukung semua jenis file foto populer, termasuk RAW. Menariknya, tidak ada batasan ukuran file. Tidak hanya itu, pengguna juga diijinkan untuk mengedit data foto EXIF langsung di layanan tersebut.

Irista menyediakan kapasitas penyimpanan gratis 10GB. Bagi yang menginginkan kapasitas lebih besar, Irista menawarkan untuk berlangganan dengan harga dan kapasitas bervariasi.

Selain Canon, Leica pun dikabarkan juga bakal membuat layanan serupa. Sayangnya Leica masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan waktu yang pasti layanan penyimpanan foto di cloudnya meluncur.

Layaknya Canon Irista, photo storage milik Leica nantinya tak diplot untuk bersaing dengan layanan seperti Dropbox, melainkan lebih dispesifikasikan untuk para fotografer yang menginginkan medium penyimpanan lebih baik ketimbang memori card.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

Microsoft Tingkatkan Teknologi Baterai Smartphone

okein.com – Microsoft mengklaim jika masa hidup baterai smartphone dapat diperpanjang dengan pengembangan software. Baterai smartphone ini kedepan diharapkan mampu bertahan hingga sepekan. Pada event MIT Technology Review’s Digital Summit minggu ini, peneliti Microsoft, Ranveer Chandra mengungkapkan jika dibutuhkan 15 tahun untuk meningkatkan kepadatan baterai. Daripada menanti lamanya pengembangan pada hardware, perusahaan tersebut berpikir untuk Read More »

Mawar Merah Diangkasa Jadi Bukti Kebenaran Al-Qur’an

Mawar Merah Diangkasa Jadi Bukti Kebenaran Al-Qur’an

Sekitar 14 abad yang lalu Allah telah berfirman dalam surat Ar-Rahman, jauh sebelum para ilmuwan NASA menemukan fenomena mawar merah diangkasa. Ketika sebuah bintang sudah habis masanya, maka akan meledak dan mati. Sisa ledakan bintang yang telah habis masanya tersebut berevolusi jadi kumpulan gas yang orang-orang moderen menyebutnya nebula. NASA, Badan Antariksa Amerika Serikat belum Read More »

Harga Dan Spesifikasi Tablet Jangkrik/Project Tango Google

Harga Dan Spesifikasi Tablet Jangkrik/Project Tango Google

okein.com – Menciptakan teknologi dan inovatif baru tidaklah murah. Demikian yang tersirat dari harga perangkat tablet besutan Google bernama Project Tango. Bagaimana tidak, tablet berdimensi 7 inch ini ditawarkan pada harga USD 1.024 atau sekitar Rp 12 Juta. Google Project Tango adalah sebuah perangkat yang diciptakan google layaknya sebuah PC, namun perangkat ini memiliki kelebihan. Read More »

WhatsApp Punya Fitur Baru

WhatsApp Punya Fitur Baru

okein.com – Pengguna aplikasi WhatsApp tentu sudah tahu jika aplikasi chatting ini tidaklah gratis di tahun kedua. Supaya tetap bisa memakainya, terdapat fitur baru yang sudah dirilis oleh pihak WhatsApp bagi penggunanya. Untuk penggunaan dengan jangka waktu 1 tahun pertama, WhatsApp memang bisa digunakan secara gratis atau tidak dipungut biaya atas layanan miliknya. Akan tetapi, Read More »