TOP News
Home » Tekno » Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto.

Dengan adanya media ini, para fotografer dapat mengupload, berbagi dan mengatur koleksi foto mereka. Yang membedakannya dengan layanan penyimpanan cloud lainnya adalah, Irista tidak mendukung file lain selain foto. Tentu saja hal disebabkan oleh sesuai peruntukannya seperti telah disebutkan sebelumnya.

Irista mempunyai sejumlah fitur built-in, layaknya fungsi berbagi ke Flickr dan Facebook, bahkan pengguna dimungkinkan untuk melihat komentar dari interface Irista.

Dalam layanan yang diluncurkan Canon ini, Pengguna dapat membuat album sebanyak yang mereka inginkan. Irista juga sudah mendukung semua jenis file foto populer, termasuk RAW. Menariknya, tidak ada batasan ukuran file. Tidak hanya itu, pengguna juga diijinkan untuk mengedit data foto EXIF langsung di layanan tersebut.

Irista menyediakan kapasitas penyimpanan gratis 10GB. Bagi yang menginginkan kapasitas lebih besar, Irista menawarkan untuk berlangganan dengan harga dan kapasitas bervariasi.

Selain Canon, Leica pun dikabarkan juga bakal membuat layanan serupa. Sayangnya Leica masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan waktu yang pasti layanan penyimpanan foto di cloudnya meluncur.

Layaknya Canon Irista, photo storage milik Leica nantinya tak diplot untuk bersaing dengan layanan seperti Dropbox, melainkan lebih dispesifikasikan untuk para fotografer yang menginginkan medium penyimpanan lebih baik ketimbang memori card.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Kualitas Audio Dan Video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Kualitas Audio Dan Video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Nampaknya peluncuran HTC Desire 816 dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 juga dibarengi dengan diluncurkannya HTC Desire 610. Peter Chou selaku CEO HTC mengungkapkan, smartphone memiliki kemampuan menengah ini desain khusus untuk memberikan pengalaman maksimal khususnya bagi pengguna yang suka menikmati audio dan video berkualitas. Kemampuan HTC tersebut tak lepas dari fitur canggih lainnya, Read More »

WhatsApp Punya Fitur Baru

WhatsApp Punya Fitur Baru

okein.com – Pengguna aplikasi WhatsApp tentu sudah tahu jika aplikasi chatting ini tidaklah gratis di tahun kedua. Supaya tetap bisa memakainya, terdapat fitur baru yang sudah dirilis oleh pihak WhatsApp bagi penggunanya. Untuk penggunaan dengan jangka waktu 1 tahun pertama, WhatsApp memang bisa digunakan secara gratis atau tidak dipungut biaya atas layanan miliknya. Akan tetapi, Read More »

Heboh, Ada Gubuk Dan Kalajengking Raksasa Di Planet Mars

Heboh, Ada Gubuk Dan Kalajengking Raksasa Di Planet Mars

okein.com – Planet Mars yang sering disebut juga Planet merah, memang kerap dikaitkan dengan keberadaan mahluk luar angkasa alien. Akhir akhir ini seorang pakar alien/ahli UFO, bernama Scott C. Waring yang berbasis di Taiwan, mengklaim terlihat adanya kalajengking raksasa berwarna merah di planet Mars. Hal tersebut diperkuat dengan bukti yang diyakininya sebagai foto asli dari Read More »

Sony Xperia Z1 Mini Punya Kamera 20,7 MP

Sony Xperia Z1 Mini Punya Kamera 20,7 MP

Dari kabarkan sebelumnya apabila seri mini dari phablet Sony Xperia Z1 yang segera meluncur setelah lebih dulu sukses di Jepang, spertinya phablet yang mengusung kamera 20,7MP ini bakal diburu oleh penggemarnya. Belum lama ini, perangkat mini tersebut mulai menampakkan wujudnya di dunia cyber dengan mengusung beberapa bocoran infromasi tentang Sony Xperia Z1 Mini. Dalam gambar Read More »