Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Advertisement

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto.

Dengan adanya media ini, para fotografer dapat mengupload, berbagi dan mengatur koleksi foto mereka. Yang membedakannya dengan layanan penyimpanan cloud lainnya adalah, Irista tidak mendukung file lain selain foto. Tentu saja hal disebabkan oleh sesuai peruntukannya seperti telah disebutkan sebelumnya.

Irista mempunyai sejumlah fitur built-in, layaknya fungsi berbagi ke Flickr dan Facebook, bahkan pengguna dimungkinkan untuk melihat komentar dari interface Irista.

Dalam layanan yang diluncurkan Canon ini, Pengguna dapat membuat album sebanyak yang mereka inginkan. Irista juga sudah mendukung semua jenis file foto populer, termasuk RAW. Menariknya, tidak ada batasan ukuran file. Tidak hanya itu, pengguna juga diijinkan untuk mengedit data foto EXIF langsung di layanan tersebut.

Irista menyediakan kapasitas penyimpanan gratis 10GB. Bagi yang menginginkan kapasitas lebih besar, Irista menawarkan untuk berlangganan dengan harga dan kapasitas bervariasi.

Selain Canon, Leica pun dikabarkan juga bakal membuat layanan serupa. Sayangnya Leica masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan waktu yang pasti layanan penyimpanan foto di cloudnya meluncur.

Layaknya Canon Irista, photo storage milik Leica nantinya tak diplot untuk bersaing dengan layanan seperti Dropbox, melainkan lebih dispesifikasikan untuk para fotografer yang menginginkan medium penyimpanan lebih baik ketimbang memori card.

Advertisement

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud | Sugeng Riyadi | 4.5

Leave a Reply