TOP News
Home » Tekno » Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud
Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto.

Dengan adanya media ini, para fotografer dapat mengupload, berbagi dan mengatur koleksi foto mereka. Yang membedakannya dengan layanan penyimpanan cloud lainnya adalah, Irista tidak mendukung file lain selain foto. Tentu saja hal disebabkan oleh sesuai peruntukannya seperti telah disebutkan sebelumnya.

Irista mempunyai sejumlah fitur built-in, layaknya fungsi berbagi ke Flickr dan Facebook, bahkan pengguna dimungkinkan untuk melihat komentar dari interface Irista.

Dalam layanan yang diluncurkan Canon ini, Pengguna dapat membuat album sebanyak yang mereka inginkan. Irista juga sudah mendukung semua jenis file foto populer, termasuk RAW. Menariknya, tidak ada batasan ukuran file. Tidak hanya itu, pengguna juga diijinkan untuk mengedit data foto EXIF langsung di layanan tersebut.

Irista menyediakan kapasitas penyimpanan gratis 10GB. Bagi yang menginginkan kapasitas lebih besar, Irista menawarkan untuk berlangganan dengan harga dan kapasitas bervariasi.

Selain Canon, Leica pun dikabarkan juga bakal membuat layanan serupa. Sayangnya Leica masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan waktu yang pasti layanan penyimpanan foto di cloudnya meluncur.

Layaknya Canon Irista, photo storage milik Leica nantinya tak diplot untuk bersaing dengan layanan seperti Dropbox, melainkan lebih dispesifikasikan untuk para fotografer yang menginginkan medium penyimpanan lebih baik ketimbang memori card.

Comments

Related Post

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

okein.com – iPhone 6 yang dikabarkan segera meluncur akhir tahun ini bisa jadi tertunda. Hal tersebut lantaran sejumlah kendala yang dialami oleh mitra produksi yang dipercaya Apple. Yang mana desain iPhone 6 dinilai terlalu ramping jika dibanding iPhone 5S yang memiliki ketebalan 7,6 mm, sedangkan untuk iPhone 6 hanya memiliki ketebalan 7 mm. Kondisi tersebut Read More »

Lenovo, Rilis Smartphone Tahan Lama hingga 46 hari

Lenovo, Rilis Smartphone Tahan Lama hingga 46 hari

Lenovo – Kini, mungkin smartphone Anda hanya mampu menyala satu atau dua hari saja. Namun, siapa sangka jika Lenovo kini telah berhasil menciptakan smartphone terbaru yang mampu bertahan hidup hingga satu bulan, bahkan lebih! Semartphone terbaru tersebut dinamai dengan Lenovo P70T, seperti yang kabarkan dari laman Beji Jaya (26/12/2014), smartphone ini dibekali catu daya berkapasitas Read More »

Fotografer ini Sesali Telah Jual Fotonya ke Microsoft

Fotografer ini Sesali Telah Jual Fotonya ke Microsoft

okein.com – Tak lama lagi, Windows XP segera dinonaktifkan oleh Microsoft. Akan tetapi sepertinya masih ada beberapa masalah yang muncul, salah satunya adalah terkait dengan wallpaper default OS tersebut. Mungkin Anda masih ingat dengan wallpaper asli Windows XP yang fenomenal. Yang mana wallpaper ini adalah gambar tentang dua bukit yang seluruhnya dipenuhi rumput hijau serta Read More »

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

Lindungi Kabel Dari Serangan Hiu, Google Pasang Kevlar

okein.com – Belum lama Google membangun kabel fiber-optik terpanjang di samudra Pasifik kini telah mendapat gangguan. Uniknya, kali ini gangguan tersebut berasal dari ikan hiu. Seperti yang diwartakan dari The Verge (15/08/2014), Google terpaksa harus menambahkan lapisan kevlar di seluruh kabel-kabel internet super cepat tersebut. Tentunya hal ini tidak murah, pasalnya kabel fiber-optik yang berada Read More »