TOP News
Home » Dunia » Gejala alam ini bikin Langit California berlubang
Gejala alam ini bikin Langit California berlubang

Gejala alam ini bikin Langit California berlubang

okein.com – Langit berlubang, gejala alam atau serangan UFO? – Mungkin akan sangat aneh jika tiba-tiba saja langit California terlihat berlubang. Akan tetapi, lubang misterius di langit tersebut ternyata memiliki penjelasan secara ilmiahnya.

Sebuah pemandangan unik nan aneh di langit California Utara yang membuat gempar masyarakat yang melihatnya pada saat itu.

Pemandangan tersebut memperlihatkan sebuah lubang kecil di langit dan terkesan seolah-olah lapisan bumi sedang bolong tersebut juga jadi buah bibir yang hangat di jejaring sosial, khususnya di Twitter.

Diwartakan dari Daily Mail (12/05/2014), banyak orang yang menyebutkan bahwa lubang di langit tersebut merupakan ulah UFO atau makhluk planet lain, akan tetapi tak sedikit pula yang lebih percaya bahwa hal tersebut hanyalah fenomena alam yang langka.

Secara ilmiah, ternyata lubang di langit tersebut mempunyai penjelasan dan bukanlah hasil karya makhluk planet lain atau UFO. Dalam pengertian ilmiahnya, lubang tersebut dinamakan Fallstreak.

Fallstreak adalah suatu fenomena atmosfer yang diperkirakan terbentuk karena partikel es dalam udara mulai mengkristal dan menjadi solid di langit.

Dikarenakan solidnya partikel es tersebut, ketika sebuah benda langit seperti pesawat udara yang melintasinya, maka secara otomatis, akan terjadi lubang yang awalnya kecil dan akan terus membesar.

Lubang tersebut tidak secara otomatis dan cepat akan terlihat. Ketika sebuah pesawat terbang melewati atau menerobos gumpalan partikel es tersebut, diperkirakan lubang itu bari akan terbentuk sekitar beberapa jam setelahnya.

Para meteorolog juga menjelaskan bahwa fenomena semacam ini hanyalah sebuah efek optikal yang dihasilkan oleh kondisi cuaca yang langka (Wikipedia).

Comments

Related Post

Gunakan Jet Tempur, Jepang Pukul Mundur Pesawat China

Gunakan Jet Tempur, Jepang Pukul Mundur Pesawat China

okein.com – Jepang telah meluncurkan jet temurnya pada hari minggu (9/3/2014) untuk menghadapi tiga pesawat militer milik China yang terbang di dekat wilayah udara Jepang, ungkap pejabat pertahanan Negeri Matahari Terbit. Seperti di lansir dari WIN (9/3/2014) bahwa Dua pesawat pembom H-6 dan satu pesawat Y-8 mengudara di Laut China Timur di wilayah udara internasional Read More »

Hebat! Telur matang ini bisa jadi mentah lagi

Hebat! Telur matang ini bisa jadi mentah lagi

okein.com – Bagaimana mungkin bila telur yang telah dimasak/direbus dapat diubah kembali ke bentuk mentahnya? Ternyata hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan dan telah ditemukan caranya oleh Seorang ilmuwan Australia dari Universitas Flinder bernama Profesor Colin Raston. Dilansir dari Metro.co.uk, belum lama ini professor Colin Raston telah melakukan dan menemukan penelitian menarik, mengenai protein telur. Read More »

Daftar Nama Korban Crane di Masjidil Haram yang paling dicari

Daftar Nama Korban Crane di Masjidil Haram yang paling dicari

okein.com – Pada hari ini Senin (15/9/2015), dilaporkan bahwa jumlah jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia akibat tertimpa crane atau alat berat di Masjidil Haram, bertambah menjadi 10 orang. Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com(15/9/2015), Kepala Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat kepada wartawan di Arab Saudi mengatakan, bahwa Tim telah melakukan verifikasi dan identifikasi hingga pukul Read More »

Hilang 9 Hari, Nenek Pendaki Ini Alami Patah Kaki

Hilang 9 Hari, Nenek Pendaki Ini Alami Patah Kaki

okein.com – Miyuki Harwood seorang nenek pendaki 62 tahun yang ditemukan selamat setelah hilang sembilan hari ketika mendaki di Sierra Nevada, Negara Bagian California, Amerika Serikat. Ketika ditemukan, nenek yang tergabung dalam kelompok pendaki Sierra Club ini dalam kondisi kedinginan dengan kaki kanan yang patah. Seperti yang dikabarkan dari ABC News, Selasa (1/9) melalui situs Read More »