TOP News
Home » Sehat » Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

okein.com – Bakteri E-coli (Escherichia coli) adalah sekelompok bakteri yang biasanya ditemukan dalam makanan dan air. Pada umumnya dari bakteri ini tidak berbahaya, namun beberapa jenis mampu menimbulkan berbagai penyakit. Disamping itu, Racun dari bakteri ini sering menyebabkan masalah perut dan usus, seperti diare dan muntah.

Contoh beberapa makanan yang dapat menularkan bakteri E.coli adalah susu mentah, daging mentah, keju dan sayuran mentah. Bahkan belum lama ini diketahui ada jenis wabah bernama STEC 0157 yang disebabkan oleh bakteri E.coli. Meskipun demikian tidak semua bakteri itu memberikan dampak buruk.

Seperti diwartakan dari magforwomen.com, ternyata tidak semua bakteri E.coli memberikan manfaat yang baik dalam kesehatan pencernaan. Ada bakteri E.coli yang juga menghasilkan racun serta dapat menginfeksi serius pada kesehatan manusia.

Seperti diketahui, masa inkubasi dari bakteri ini kurang lebih 3-4 hari dengan gejala dari penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri E.coli adalah diare ringan, demam, hingga menyebabkan gangguan ginjal dan pendarahan jika tidak mendapatkan penanganan yang serius.

Sampai saat ini penyakit yang dipicu oleh bakteri E.coli masih dengan mudah ditemukan. Cara sederhana supaya tidak terkena dari penyakit bakter ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan makanan yang kita asup setiap hari.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Sebagai orang indonesia, tentu saja nasi adalah makanan pokok. Bahkan sebagian besar orang indonesia akan sulit merasa kenyang sebelum makan nasi meskipun sudah banyak mengkonsumsi banyak makanan. Makan nasi memang sah-sah saja, namun yang harus di perhatikan adalah takarannya. Sebab nasi mengandung banyak glukosa yang akan meningkatkan kadar gula darah dan berujung pada obesitas atau Read More »

6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami

6 Makanan Berikut Jadi Obat Asam Lambung Alami

okein.com – Bila ada yang mengalami gangguan kesehatan maag, pada umumnya akan bermasalah dengan asam lambung. Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh berbagai alasan dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk menanganinya, berikut merupakan enam makanan yang dapat meredakan asam lambung, seperti dilansir WebMD. 1. Pisang Dalam buah pisang terdapat pH 5,6 yang sangat Read More »

Pepaya Muda, Ampuh Lindungi Saluran Kemih Dari Infeksi

Pepaya Muda, Ampuh Lindungi Saluran Kemih Dari Infeksi

okein.com – Buah pepaya adalah buah yang kaya akan manfaat dan kini banyak dicari-cari oleh sebagian orang untuk digunakan obat herbal seperti melancarkan sistem pencernaan. Manfaat buah pepaya memang sudah tidak diragukan lagi. Disamping rasanya yang manis ketika matang, buh yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan meski belum matang. Dimana buah ini ampuh untuk Read More »

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kacang Hijau, Bantu Cegah Kanker Payudara

Kesehatan – Manfaat kacang hijau sangatlah banyak, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan seperti menjadikan rambut dan kulit lebih berkilau, penyerap kolesterol jahat serta pembunuh sel kanker. Nutrisi yang terkandung dalamnya sangat baik untuk membantu menyerap kolesterol berlebihan dalam tubuh serta membersihkan usus. Jika usus sehat maka tentu saja tekanan darah juga jadi lebih stabil Read More »