TOP News
Home » Dunia » CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin Masih Dapat Ditemukan

CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin Masih Dapat Ditemukan

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Organisasi Perjanjian Pelarangan Tes Nuklir Komprehensif (CTBTO) yang mengatakan bahwa masih ada harapan untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370. Organisasi yang memiliki basis di Austria ini menjelaskan, tidak pernah menangkap sinyal akan adanya ledakan atau tabrakan baik di darat ataupun di laut sejak hilangnya pesawat MAS MH370 hilang, 8 Maret lalu.

Lassina Zarbo selaku sekretaris eksekutif CTBTO menegaskan, kecelakaan pesawat dapat diketahui dengan tiga atau empat teknologi yang digunakan oleh Sistem Monitoring Internasional (IMS). Sistem ini mampu mendeteksi ledakan apapun yang terjadi di bumi.

Seperti dilansir The Star, Rabu (19/3/2014) bahwa Zarbo di situs CTBTO menyatakan “Secara potensial, Data kami dapat membuka harapan baru tentang dimana sesungguhnya pesawat MH370. Kami menunjukkan kepada keluarga korban yang resah menunggu informasi terbaik tentang orang-orang yang mereka sayangi bahwa data ini kami gunakan sepenuhnya,”

Walaupun sistem ini didesain khusus untuk mengetahui ledakan nuklir, akan tetapi sistem ini jiuga mampu digunakan untuk mengetahui ledakan pesawat berbadan besar termasuk juga tabrakan pesawat baik di darat maupun di air.

Dalam sejarah sebelumnya, CTBTO pernah mendeteksi kecelakaan pesawat termasuk yang pernah terjadi di Bandara Narita, Jepang pada Maret 2009 silam.

Apabila data CTBTO ini valid, pasti banyak yang bertanya-tanya, dimana di mana sebenarnya pesawat Malaysia Airlines ini berada.

Dalam kabar sebelumnya, salah seorang warga Kuda Huvadhoo, Dhaal Atoll, di Maladewa, mengaku melihat pesawat jet besar terbang rendah di atas rumah pada Sabtu (8/3/2014), tepat pada hari yang sama ketika pesawat Malaysia Airlines MH370 dinyatakan lenyap dari pantauan radar lalu lintas udara.

Menurut warga, corak warna pesawat jet jumbo tersebut sangat mirip dengan corak yang dipakai oleh Malaysia Airlines, termasuk jenis Boeing 777-200.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Kemaluan Bocah Ini Putus, Gara-gara Digigit Kuda

Kemaluan Bocah Ini Putus, Gara-gara Digigit Kuda

okein.com – Peristiwa yang nyaris mustahil terjadi ini dialami oleh bocah lelaki yang masih berusia enam tahun tepatnya di Provinsi Zhytomyr Oblast, sebelah utara Ukraina. Sebelumnya bocah tersebut sedang bermain dengan kuda disebuah peternakan milik keluarganya, tiba-tiba kuda mengamuk dan menggigit bagian kemaluannya. Hewan herbivora yang pada umumnya jinak itu tak kunjung melepas gigitannya, hingga Read More »

Matt Guthmiller, Pilot Termuda Ciptakan Rekor Terbang Solo Keliling Dunia

Matt Guthmiller, Pilot Termuda Ciptakan Rekor Terbang Solo Keliling Dunia

okein.com – Matt Guthmiller pria 19 tahun asal Amerika Serikat yang kantongi rekor terbang solo keliling dunia. Dimana Dia adalah manusia termuda pertama terbang sendirian mengelilingi dunia setelah mendaratkan pesawatnya di Lapangan udara Gillespie Field di El Cajon Senin malam. Seperti dilansir dari laman 10news.com, Rabu (16/7) Penerbangan sesi terakhir dilakukannya selama 15 jam melintasi Read More »

Tutup Sampanye Ini Sebabkan Pesawat Mendarat Darurat

Tutup Sampanye Ini Sebabkan Pesawat Mendarat Darurat

okein.com – Siapa sangka jika sebuah tutup sampanye bisa menyebabkan pesawat terbang harus mendarat darurat. Seperti yang dialami oleh maskapai easyJet yang terpaksa harus melakukan pendaratan darurat di Milan, Italia pada awal Agustus 2015. Pesawat EasyJet tersebut diketahui tengah menempuh perjalanan dari London Gatwick menuju Dalaman, Turki dan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum sampai ke Read More »

CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin Masih Dapat Ditemukan

CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin Masih Dapat Ditemukan

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Organisasi Perjanjian Pelarangan Tes Nuklir Komprehensif (CTBTO) yang mengatakan bahwa masih ada harapan untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370. Organisasi yang memiliki basis di Austria ini menjelaskan, tidak pernah menangkap sinyal akan adanya ledakan atau tabrakan baik di darat ataupun di laut sejak hilangnya pesawat MAS MH370 hilang, Read More »