CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin masih dapat ditemukan

Advertisement

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Organisasi Perjanjian Pelarangan Tes Nuklir Komprehensif (CTBTO) yang mengatakan bahwa masih ada harapan untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370. Organisasi yang memiliki basis di Austria ini menjelaskan, tidak pernah menangkap sinyal akan adanya ledakan atau tabrakan baik di darat ataupun di laut sejak hilangnya pesawat MAS MH370 hilang, 8 Maret lalu.

Lassina Zarbo selaku sekretaris eksekutif CTBTO menegaskan, kecelakaan pesawat dapat diketahui dengan tiga atau empat teknologi yang digunakan oleh Sistem Monitoring Internasional (IMS). Sistem ini mampu mendeteksi ledakan apapun yang terjadi di bumi.

Seperti dilansir The Star, Rabu (19/3/2014) bahwa Zarbo di situs CTBTO menyatakan “Secara potensial, Data kami dapat membuka harapan baru tentang dimana sesungguhnya pesawat MH370. Kami menunjukkan kepada keluarga korban yang resah menunggu informasi terbaik tentang orang-orang yang mereka sayangi bahwa data ini kami gunakan sepenuhnya,”

Walaupun sistem ini didesain khusus untuk mengetahui ledakan nuklir, akan tetapi sistem ini jiuga mampu digunakan untuk mengetahui ledakan pesawat berbadan besar termasuk juga tabrakan pesawat baik di darat maupun di air.

Dalam sejarah sebelumnya, CTBTO pernah mendeteksi kecelakaan pesawat termasuk yang pernah terjadi di Bandara Narita, Jepang pada Maret 2009 silam.

Apabila data CTBTO ini valid, pasti banyak yang bertanya-tanya, dimana di mana sebenarnya pesawat Malaysia Airlines ini berada.

Dalam kabar sebelumnya, salah seorang warga Kuda Huvadhoo, Dhaal Atoll, di Maladewa, mengaku melihat pesawat jet besar terbang rendah di atas rumah pada Sabtu (8/3/2014), tepat pada hari yang sama ketika pesawat Malaysia Airlines MH370 dinyatakan lenyap dari pantauan radar lalu lintas udara.

Menurut warga, corak warna pesawat jet jumbo tersebut sangat mirip dengan corak yang dipakai oleh Malaysia Airlines, termasuk jenis Boeing 777-200.

Advertisement

CTBTO: Pesawat MAS MH370, Mungkin masih dapat ditemukan | Sugeng Riyadi | 4.5

Leave a Reply