Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini

Advertisement

okein.com – T-Rex atau yang biasa kita kenal dengan Tyrannosaurus Rex adalah predator mengerikan yang sempat ada di zaman dinosaurus, hewan ganas yang satu ini ternyata tidak hanya hidup di daerah beriklim hangat saja. Namun T-Rex ini (T-rex mini) juga hidup di Kutub Utara.

Seperti dikabarkan dari Guardian LV (13/3), dinosaurus spesies pygmy atau cebol yang memiliki nama latin Nanuqsaurus hoglundi diketahui juga hidup di utara Alaska sekitar 70 juta tahun lalu. Reptil raksasa yang satu ini dinamai mirip beruang kutub karena habitat dan memiliki kemiripan terhadap salah satu ciri fisiknya.

T-Rex mini ini memiliki ukuran setengah lebih kecil dari T-Rex dan hanya memiliki berat badan tujuh persen dari bobot rata-rata T-Rex. Makhluk ini juga mempunyai bulu tebal sehingga mampu bertahan hidup dari udara super dingin Kutub Utara.

Meskipun demikian, berbeda dengan saat ini, Kutub Utara kala itu masih nyaman ditinggali karena masih belum berupa daratan es saja. Sebagian besar daratannya masih berupa gunung dengan puncaknya tertutup es. Tidak hanya itu, di kutub utara masa itu juga masih terdapat hamparan hutan konifer.

Kutub Utara pada masa dinosaurus memiliki dua musim, yakni kutub utara yang hangat ketika musim semi dan musim dingin saat musim salju. Dengan kondisi ini mengharuskan Nanuqsaurus hoglundi untuk pintar berburu layaknya beruang kutub.

Disamping dinosaurus Nanuqsaurus hoglundi yang berhasil ditemukan, di daerah tersebut juga baru saja ditemukan Pachyrhinosaurus. Pachyrhinosaurus adalah sepupu dekat dari Triceratops.

Advertisement

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex mini | Sugeng Riyadi | 4.5

Leave a Reply