TOP News
Home » Sehat » Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi
Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang.

Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar 23 persen saja.

Namun yang kemudian menjadi pertanyaannya adalah apakah pola tidur nyenyak atau memiliki jam tidur berlebih setiap harinya akan terhindar dari depresi.

Pola istirahat yang berlebihan layaknya si putri tidur yaitu dengan jam tidur lebih dari sepuluh jam ternyata juga memiliki tingkat resiko yang hamper seperti orang yang kekurangan jam tidur. Yaitu dengan resiko sekitar 49 persen. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Nathaniel Watson, seorang profesor dari University of Washington Medicin Sleep Center di Seatlle, Amerika.

Karena jam tidur yang pendek maupun jam tidur dengan pola yang berlebihan sama-sama memiliki resiko yang tidak baik untuk kesehatan lebih baik kita harus memperhatikan pola istirahat kita. Jika dilakukan dengan seimbanga dan dalam taraf wajar kemungkin untuk terkena resiko depresi lebih banyak dapat kita hindari.

Comments

Related Post

Hati-hati! Jajanan Pinggir Jalan Picu Diare

Hati-hati! Jajanan Pinggir Jalan Picu Diare

okein.com – Jajanan pinggir jalan memang memiliki daya tarik tersendiri dan cenderung lebih menggoda. Apalagi rasanya yang enak dan harga yang lebih terjangkau, tentu menjadi pilihan tersendiri bagi siapapun untuk membeli. Namun, tahukah Anda jika Jajanan dipinggir jalan dapat membahayakan kesehatan. Yang harus dipertimbangkan sebelum membeli jajanan di pinggir jalan adalah masalah higienitasnya atau kebersihannya, Read More »

Bahan alami berikut ampuh atasi hilangkan bekas jerawat

Bahan alami berikut ampuh atasi hilangkan bekas jerawat

Pernah mengalami jerawatan? tentu pasti terkadang meninggalkan, nah untuk menghilangkan noda bekas jerawat Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini: 1. Jagung Muda Jagung muda banyak mengandung Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan untuk mencegah penuaan dini serta menjaga elastisitas kulit. Selain itu jagung banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk Read More »

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

okein.com – Jika anak Anda mengalami gangguan tidur atau susah untuk tidur maupun sering terbangun di malam hari, mungkin Anak Anda mengalami kekurangan nutrisi penting. Dalam sebuah penelitian diketahui jika anak yang menginsumsi suplemen minyak ikan mempunyai kemampuan tidur lebih lama dan lebih jarang terbangun di malam hari. Hal tersebut dikarenakan, dalam minyak ikan terkandung Read More »

Ini Dia Kandungan Nutrisi dalam Cokelat Hitam

Ini Dia Kandungan Nutrisi dalam Cokelat Hitam

okein.com – Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang belum tercampur dengan bahan tambahan lainnya. Sebatang cokelat hitam biasanya terbuat dari 70-85% kakao yang mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, 89% tembaga, 98% mangan, serta kalium, fosfor, seng, dan selenium. Cokelat hitam diketahui kaya akan zat antioksidan seperti flavanol, polifenol dan catechin yang efektif Read More »