TOP News
Home » Sehat » Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang.

Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar 23 persen saja.

Namun yang kemudian menjadi pertanyaannya adalah apakah pola tidur nyenyak atau memiliki jam tidur berlebih setiap harinya akan terhindar dari depresi.

Pola istirahat yang berlebihan layaknya si putri tidur yaitu dengan jam tidur lebih dari sepuluh jam ternyata juga memiliki tingkat resiko yang hamper seperti orang yang kekurangan jam tidur. Yaitu dengan resiko sekitar 49 persen. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Nathaniel Watson, seorang profesor dari University of Washington Medicin Sleep Center di Seatlle, Amerika.

Karena jam tidur yang pendek maupun jam tidur dengan pola yang berlebihan sama-sama memiliki resiko yang tidak baik untuk kesehatan lebih baik kita harus memperhatikan pola istirahat kita. Jika dilakukan dengan seimbanga dan dalam taraf wajar kemungkin untuk terkena resiko depresi lebih banyak dapat kita hindari.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Makan Mentimun, Bantu Tangkal Radikal Bebas

Nutrisi – Manfaat buah mentimun ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah menu hidangan dalam masakan saja, namun juga untuk membantu meningkatkan kesehatan. Meski sudah terbiasa dengan buah yang satu ini, tak sedikit orang yang tidak mengetahui jika mentimun dapat mencegah serangan radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seperti dilansir dari Health Me Up Read More »

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

okein.com – Jika anak Anda mengalami gangguan tidur atau susah untuk tidur maupun sering terbangun di malam hari, mungkin Anak Anda mengalami kekurangan nutrisi penting. Dalam sebuah penelitian diketahui jika anak yang menginsumsi suplemen minyak ikan mempunyai kemampuan tidur lebih lama dan lebih jarang terbangun di malam hari. Hal tersebut dikarenakan, dalam minyak ikan terkandung Read More »

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Tanpa kita sadari, tubuh juga rentan sekali terhadap gangguan virus, bakteri maupun kuman penyakit. Namun kita tidak perlu khawatir, sebab tubuh juga memiliki organ tubuh dan mekanisme alami yang bisa melindungi diri kita. Berikut adalah beberapa organ tubuh yang berfungsi menjaga tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit. Kulit Kulit merupakan salah satu alat panca indra Read More »

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui

9 Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi Ini Wajib Kamu Ketahui

Mengetahui penyebab utama kadar kolesterol tinggi merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Supaya organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka sebaiknya kita harus tetap menjaga kolesterol selalu seimbang. Karena jika tubuh memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah tubuh dan meningkatnya resiko terserang penyakit kardiovaskular. Salahsatu penyebab Read More »