TOP News
Home » Tekno » Matahari Super Jumbo kembali ditemukan
Matahari Super Jumbo kembali ditemukan

Matahari Super Jumbo kembali ditemukan

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Chile. Dimana teleskop luar angkasa yang ada disana telah menemukan sebuah matahari atau bintang baru. Menariknya, bintang tersebut mempunyai ukuran sangat besar serta memiliki warna kuning menyala.

Seperti yang dikabarkan dari Mashable (12/3), bintang bernama HR 5171 A ini memiliki sinar dengan jarak 12.000 tahun cahaya dari bumi. Bintang tersebut diketahui mempunyai ukuran sangat besar, yakni mencapai 1,2 ribu kali lebih besar dari diameter matahari. Karena begitu besarnya ukuran bintang ini, membuatnya jadi salah satu bintang paling besar yang pernah ditemukan manusia.

Bintang HR 5171 A ini juga mempunyai besar dua kali lipat dari bintang merah Betelgeuse yang berada di bahu Orion. Padahal, hanya terdapat 12 bintang seperti ini yang masih ada di Bima Sakti.

Olivier Chesneau, dari Observatoire de la Cte d’Azur, Prancis mengungkapkan bahwa “Observasi terkini juga menunjukkan kalau bintang tersebut memiliki partner biner yang sangat dekat sehingga begitu mengejutkan,”

Chesneau bersama timnya sendiri dalam menemukan bintang super besar ini menggunakan teknik khusus, dimana mereka mengombinasikan cahaya dari berbagai teleskop melalui sebuah teleskop raksasa.

Comments

Related Post

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

Terlalu Ramping, Produksi iPhone 6 Terkendala

okein.com – iPhone 6 yang dikabarkan segera meluncur akhir tahun ini bisa jadi tertunda. Hal tersebut lantaran sejumlah kendala yang dialami oleh mitra produksi yang dipercaya Apple. Yang mana desain iPhone 6 dinilai terlalu ramping jika dibanding iPhone 5S yang memiliki ketebalan 7,6 mm, sedangkan untuk iPhone 6 hanya memiliki ketebalan 7 mm. Kondisi tersebut Read More »

Ini Dia Jadwal Produksi Apple iWatch (Jam tangan pintar)

Ini Dia Jadwal Produksi Apple iWatch (Jam tangan pintar)

okein.com – Menjelang akhir tahun, nampaknya semakin banyak kabar beredar terkait kehadiran jam tangan pintar besutan Apple yang berjuluk iWatch. Menurut sumber yang dekat dengan Taiwan Quanta Computer, mitra manufaktur Apple tersebut bakal memproduksi secara massal iWatch pada bulan Juli. Sejauh ini Quanta memang ditugaskan oleh Apple untuk fokus memproduksi laptop dan iPod saja. Akan Read More »

PNY Hadirkan SSD Drive handal 480GB

PNY Hadirkan SSD Drive handal 480GB

okein.com – Kini banyak pengguna perangkat dekstop atau laptop yang biasa dibuat pusing ketika media penyimpanan data internal miliknya sudah penuh. Untuk mengatasi hal tersebut PNY telah meluncurkan SSD Drive 480 GB dengan kualitas terbaik khas PNY. SSD (Solid State Drives) bergaya XLR8 milik PNY kali ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman komputasi yang tangguh Read More »

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern. Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut Read More »