Matahari Super Jumbo kembali ditemukan

Advertisement

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Chile. Dimana teleskop luar angkasa yang ada disana telah menemukan sebuah matahari atau bintang baru. Menariknya, bintang tersebut mempunyai ukuran sangat besar serta memiliki warna kuning menyala.

Seperti yang dikabarkan dari Mashable (12/3), bintang bernama HR 5171 A ini memiliki sinar dengan jarak 12.000 tahun cahaya dari bumi. Bintang tersebut diketahui mempunyai ukuran sangat besar, yakni mencapai 1,2 ribu kali lebih besar dari diameter matahari. Karena begitu besarnya ukuran bintang ini, membuatnya jadi salah satu bintang paling besar yang pernah ditemukan manusia.

Bintang HR 5171 A ini juga mempunyai besar dua kali lipat dari bintang merah Betelgeuse yang berada di bahu Orion. Padahal, hanya terdapat 12 bintang seperti ini yang masih ada di Bima Sakti.

Olivier Chesneau, dari Observatoire de la Cte d’Azur, Prancis mengungkapkan bahwa “Observasi terkini juga menunjukkan kalau bintang tersebut memiliki partner biner yang sangat dekat sehingga begitu mengejutkan,”

Chesneau bersama timnya sendiri dalam menemukan bintang super besar ini menggunakan teknik khusus, dimana mereka mengombinasikan cahaya dari berbagai teleskop melalui sebuah teleskop raksasa.

Advertisement

Matahari Super Jumbo kembali ditemukan | Sugeng Riyadi | 4.5

Leave a Reply