TOP News
Home » Tekno » Matahari Super Jumbo Kembali Ditemukan

Matahari Super Jumbo Kembali Ditemukan

okein.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Chile. Dimana teleskop luar angkasa yang ada disana telah menemukan sebuah matahari atau bintang baru. Menariknya, bintang tersebut mempunyai ukuran sangat besar serta memiliki warna kuning menyala.

Seperti yang dikabarkan dari Mashable (12/3), bintang bernama HR 5171 A ini memiliki sinar dengan jarak 12.000 tahun cahaya dari bumi. Bintang tersebut diketahui mempunyai ukuran sangat besar, yakni mencapai 1,2 ribu kali lebih besar dari diameter matahari. Karena begitu besarnya ukuran bintang ini, membuatnya jadi salah satu bintang paling besar yang pernah ditemukan manusia.

Bintang HR 5171 A ini juga mempunyai besar dua kali lipat dari bintang merah Betelgeuse yang berada di bahu Orion. Padahal, hanya terdapat 12 bintang seperti ini yang masih ada di Bima Sakti.

Olivier Chesneau, dari Observatoire de la Cte d’Azur, Prancis mengungkapkan bahwa “Observasi terkini juga menunjukkan kalau bintang tersebut memiliki partner biner yang sangat dekat sehingga begitu mengejutkan,”

Chesneau bersama timnya sendiri dalam menemukan bintang super besar ini menggunakan teknik khusus, dimana mereka mengombinasikan cahaya dari berbagai teleskop melalui sebuah teleskop raksasa.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Tayyip Erdogan: Ancam Blokir Facebook Dan Youtube

Tayyip Erdogan: Ancam Blokir Facebook Dan Youtube

okein.com – Terkait munculnya video dan publikasi miring tentang pejabat-pejabat pemerintahan turki membuat Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan geram dan mengancam akan memblokir Facebook dan YouTube. Sebelumnya pemerintah setempat telah melakukan pemblokiran terhadap situs microbloging Twitter lebih dulu, dan tak lama lagi bakal disusul oleh Facebook dan YouTube Dikabarkan dari laman Mashable (20/03/2014) bahwa Erdogan Read More »

Tutup Celah Keamanan Dengan Update Android 4.4.4

Tutup Celah Keamanan Dengan Update Android 4.4.4

okein.com – Hanya beberapa saat sebelum event Google I/O berlangsung, Google meluncurkan update teranyar untuk Android 4.4.4. Sejumlah spekulasi diketahui bahwa update ini sengaja dikebut Google, pasalnya Android 5.0 mungkin bakal ikut diumumkan di ajang tahunannya. Tak banyak peningkatan yang hadir pada Android 4.4.4, kebanyakan hanya penambalan celah keamanan yang berpotensi disusupi ancaman, termasuk uyang Read More »

Penampakan Smartwatch Motorola Mulai Terlihat

Penampakan Smartwatch Motorola Mulai Terlihat

okein.com – Sebelumnya telah beredar kabar jika Motorola ingin mengembangkan sebuah jam tangan pintar yang nantinya akan ikut bersaing dengan para vendor besar. Belum lama ini muncul sebuah bocoran terkait perangkat smartwatch tersebut yang cukup menggemparkan. Dikabarkan dari Android Police (26/2), smartwatch Motorola ini telah menampakkan diri di jagat maya dengan konsep yang cukup sederhana. Read More »

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

okein.com – Belum lama ini Apacer telah merilis sebuah produk baru, yakni Charger USB Ganda C320. Apacer menjelaskan jika perangkat ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk Anda dalam mengisi gadget ketika kehabisan baterai habis di tengah perjalanan. Fitur Apacer C320 untuk kendaraan ini sendiri telah didesain khusus untuk mengisi baterai secara cepat dan portabilitas, Read More »