TOP News
Home » Sehat » Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

okein.com – Sudah bertahun-tahun minyak ikan diketahui baik untuk kesehatan otak. Akan tetapi penelitian terbaru yang diterbitkan Januari 2014 menunjukkan bahwa teryata minyak ikan tak hanya menyehatkan otak saja, namun juga mencegah terjadinya pengecilan volume otak.

Seiring bertambahnya usia, volume otak pada umumnya akan menciut. Akan tetapi penciutan otak juga dapat menandakan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mental, atau penyakit otak layaknya Alzheimer dan lainnya. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak ikan efektif mencegah terjadinya penciutan otak terkait penyakit tersebut.

Hasil tersebut diperoleh peneliti sesudah melakukan penelitian kurang lebih delapan tahun. Mereka melakukan scan MRI pada 1.111 wanita yang telah lanjut usia. Disamping itu peneliti juga mengukur jumlah asam lemak omega-3 dalam sel darah merah mereka. Setelah delapan tahun, peneliti selanjutnya mengukur volume otak partisipan yang telah berusia 78 tahun.

Seperti dilansir oleh Daily Health Post (07/03) bahwa ketua peneliti James V Pottala mengatakan “Dalam hasil penelitian ini ditemukan sesuatu yang mengejutkan, bagaimana tidak? Mereka menemukan bahwa wanita yang mempunyai tingkat omega-3 tinggi juga memiliki volume otak jauh lebih besar setelah delapan tahun. Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi juga diperoleh melalui diet atau suplemen. Efeknya dalam beberapa waktu mampu mencegah kematian beberapa sel otak yang difaktori oleh usia”.

Disamping itu, dari penelitian lain juga diketahui jika mengonsumsi banyak asam lemak omega 3 berkaitan erat dengan volume hippocampus otak yang cenderung lebih besar hingga 2,7 persen. Bagian otak tersebut memiliki hubungan dengan kemampuan seseorang mengingat sesuatu.

Asam lemak omega-3 banyak diperoleh dari minyak ikan. Jadi jangan pernah ragu untuk mengonsumsi minyak ikan guna memenuhi asupan omega-3 yang kaya akan manfaat, salah satunya adalah peranannya dalam membantu mencegah penciutan pada otak.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Teh Jahe Redakan Sesak Napas Dan Pilek

Teh Jahe Redakan Sesak Napas Dan Pilek

okein.com – Teh jahe adalah perpaduan dua jenis minuman yang kaya akan manfaat kesehatan. Jahe sendiri diketahui ampuh dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh sedangkan teh dengan aroma khasnya mampu memberikan kesegaran tersendiri dalam minuman. Teh jahe diketahui sangat baik dalam mengatasi gangguan kesehatan pilek dan sesak napas. Rasa hangat dan pedas yang dihasilkan dari Read More »

Ingin Otot Awet Muda? Simak Rahasianya Berikut Ini

Ingin Otot Awet Muda? Simak Rahasianya Berikut Ini

Setiap orang pasti akan mengalami tua seiring bertambahnya usia. Namun tak jarang pula orang yang ingin selalu tampil awet muda dan memiliki otot yang kuat. Jika Anda adalah seseorang yang ingin tetap awet muda, maka sebaiknya membiasakan diet rendah kalori. Hal tersebut disebabkan karena dengan melakukan diet rendah kalori secara rutin dipercaya dapat mencegah penuaan Read More »

Buah Alpukat, Jadi Penambah Berat Badan Yang Menyehatkan

Buah Alpukat, Jadi Penambah Berat Badan Yang Menyehatkan

Wanita mana yang tak ingin memiliki tubuh langsing, jangankan wanita pria pun juga banyak yang menyukai tubuhnya langsing. Sebenarnya banyak cara mudah melangsingkan badan seperti halnya berdiet, namun jika tubuh terlalu kurus tentu saja juga tidak sehat dan tidak indah ketika dipandang. Meskipun berbagai cara menambah berat badan telah dicoba, namun hasilnya kurang maksimal. Hal Read More »

Ternyata, 7 Hal Ini Bikin Pilek Tak Sembuh-sembuh

Ternyata, 7 Hal Ini Bikin Pilek Tak Sembuh-sembuh

Jika kita bterserang pilek di musim penghujan, ini merupakan hal wajar yang kita alami. Namun, ketika pilek tak kunjung sembuh maka kita patut waspada. Selain infeksi bakteri atau virus, berikut adalah beberapa hal yang yang membuat pilekmu tak kunjung reda. Stres Ketika hormon kortisol dalam tubuh meningkat, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan membuat Read More »