TOP News
Home » Sehat » Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

okein.com – Sudah bertahun-tahun minyak ikan diketahui baik untuk kesehatan otak. Akan tetapi penelitian terbaru yang diterbitkan Januari 2014 menunjukkan bahwa teryata minyak ikan tak hanya menyehatkan otak saja, namun juga mencegah terjadinya pengecilan volume otak.

Seiring bertambahnya usia, volume otak pada umumnya akan menciut. Akan tetapi penciutan otak juga dapat menandakan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mental, atau penyakit otak layaknya Alzheimer dan lainnya. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak ikan efektif mencegah terjadinya penciutan otak terkait penyakit tersebut.

Hasil tersebut diperoleh peneliti sesudah melakukan penelitian kurang lebih delapan tahun. Mereka melakukan scan MRI pada 1.111 wanita yang telah lanjut usia. Disamping itu peneliti juga mengukur jumlah asam lemak omega-3 dalam sel darah merah mereka. Setelah delapan tahun, peneliti selanjutnya mengukur volume otak partisipan yang telah berusia 78 tahun.

Seperti dilansir oleh Daily Health Post (07/03) bahwa ketua peneliti James V Pottala mengatakan “Dalam hasil penelitian ini ditemukan sesuatu yang mengejutkan, bagaimana tidak? Mereka menemukan bahwa wanita yang mempunyai tingkat omega-3 tinggi juga memiliki volume otak jauh lebih besar setelah delapan tahun. Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi juga diperoleh melalui diet atau suplemen. Efeknya dalam beberapa waktu mampu mencegah kematian beberapa sel otak yang difaktori oleh usia”.

Disamping itu, dari penelitian lain juga diketahui jika mengonsumsi banyak asam lemak omega 3 berkaitan erat dengan volume hippocampus otak yang cenderung lebih besar hingga 2,7 persen. Bagian otak tersebut memiliki hubungan dengan kemampuan seseorang mengingat sesuatu.

Asam lemak omega-3 banyak diperoleh dari minyak ikan. Jadi jangan pernah ragu untuk mengonsumsi minyak ikan guna memenuhi asupan omega-3 yang kaya akan manfaat, salah satunya adalah peranannya dalam membantu mencegah penciutan pada otak.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi Anda masih berwarna kurang putih, meski telah rutin melakukan gosok gigi setiap hari? Mungkin dengan menyimak dan melakukan beberapa cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan bahan berikut ini, masalah gigi Anda yang kurang putih dapat teratasi . berikut beberapa bahan alami tersebut: 1. Arang Kayu Meski Arang kayu berwarna hitam, namun cara memutihkan Read More »

Cara Gampang!! Agar Kaki Halus Seperti Durian

Cara Gampang!! Agar Kaki Halus Seperti Durian

Pengetahuan tentang Kaos Kaki Apakah Anda pernah tidur menggunakan kaos kaki? Jika anda type orang yang suka memakai kaos kaki saat tidur, ternyata hal sederhana tersebut dapat membawa manfaat yang sangat untuk kesehatan kaki. Saat anda memakai kaos kaki saat tidur kaki akan tersa lembab dan tidak akan merasakan kedinginan. jika anda Suka memakai kaos Read More »

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung Dalam Jus Tomat

Ini Dia Nutrisi Yang Terkandung Dalam Jus Tomat

Tomat adalah jenis tumbuhan tropis yang pada umumnya tumbuh di daerah dengan kondisi udara lembab dan dingin. Buah ini memiliki bentuk bulat dan ketika sudah matang berwarna merah. Di Indonesia, tomat adalah makanan sehari hari bagi baik digunakan sebagai bahan campuran makanan maupun diolah jadi minuman menyegarkan yang dikenal dengan jus tomat. Rasanya yang asem Read More »

Kopi!! Manfaat Dan Bahaya Pengancam Kesehatan

Kopi!! Manfaat Dan Bahaya Pengancam Kesehatan

Pengertian Kopi Kopi adalah minuman yang sangat populer dan disukai banyak orang. Kopi sudah sangat terkenal dan macam namanya sangat banyak. Kopi bila sering diminum akan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kopi berasal dari bahasa Turki kahveh, yang kemudian dikenal dalam bahasa Belanda sebagai kaffie, diikuti dengan bahasa Inggris dengan sebutan coffie. Bangsa Arab mengenalnya Read More »