Gunakan Jet Tempur, Jepang Pukul Mundur Pesawat China

Advertisement

okein.com – Jepang telah meluncurkan jet temurnya pada hari minggu (9/3/2014) untuk menghadapi tiga pesawat militer milik China yang terbang di dekat wilayah udara Jepang, ungkap pejabat pertahanan Negeri Matahari Terbit.

Seperti di lansir dari WIN (9/3/2014) bahwa Dua pesawat pembom H-6 dan satu pesawat Y-8 mengudara di Laut China Timur di wilayah udara internasional yakni diantara pulau Jepang selatan yang pada akhirnya pesawat-pesawat China tersebut kembali ke wilayahnya pada jalur sama pada Minggu pagi, imbuh juru bicara Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Jepang.

Menurutnya, pesawat China hanya terbang di atas laut-laut Internasional dan tak ada pelanggaran di wilayah udara Jepang. Meskipun demikian, ia menolak memberikan penjelasan lebih terinci terkait insiden tersebut.

China dan Jepang terlibat sengketa wilayah dengan pulau-pulau di Laut China Timur yang telah dikuasai Jepang. Orang-orang Jepang menyebutnya dengan Kepulauan Senkaku dan sedangkan China menamakan pulau tersebut dengan Diaoyu.

Beberapa kapal laut dan pesawat pemerintah China terlihat meninggalkan pulau yang disengketakan tersebut beberapa kali semenjak Jepang mengklaim pulau tersebut pada September 2012 lalu, terkadang dalam zona 12 mil laut.

Advertisement

Gunakan Jet Tempur, Jepang Pukul Mundur Pesawat China | Sugeng Riyadi | 4.5

Leave a Reply