TOP News
Home » Sehat » Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara
Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

Hanya Perlu Waktu Kurang Dari 15 Menit Untuk Test Kanker Payudara

okein.com – Kabar yang melegakan saat ini tentang tes kanker payudara adalah bahwa tidak perlu waktu lama untuk melakukan tes kanker payudara. Jika biasanya kita melakukan mammogram atau rontgen sinar X untuk menemukan kanker payudara. Ada cara yang lebih cepat dan mudah yaitu dengan melakukan tes napas.

Hal ini dilakukan oleh sebuah penelitian dengan tujuan memberikan dorongan bagi lebih banyak wanita untuk melakukan pemeriksaan demi mencegah kanker payudara. Tes napas hanya memerlukan waktu sekitar sepuluh menit saja. Penemuan baru ini tentu menguntungkan pasien karena mereka tak perlu terlalu sering melakukan mammogram yang tak nyaman. Hasilnya pun sama akuratnya dengan sinar X atau mammogram.

Tes ini lebih efektif karena wanita dapat menghindari radiasi yang seringkali dialami sebagai efek samping saat pemeriksaan kanker. Ketika menggunakannya, wanita hanya perlu bernapas selama dua menit pada alat tersebut. Setelahnya, napas wanita yang masuk ke mesin kemudian dianalisis berdasarkan tingkat zat kimia yang ada di dalamnya. Alat yang dinamakan BreathLink ini dikembangkan oleh firma di Amerika Serikat kini mulai dipasarkan di Eropa.

Kemudian hasilnya akan disambungkan ke komputer untuk menentukan apakah pola zat kimia tersebut merupakan tanda dari kanker payudara, seperti dilansir oleh Daily Mail (07/02).

Dengan penemuan tes napas ini para peneliti optimis bahwa di tahun-tahun mendatang, tes napas ini akan menjadi tes yang global dan disarankan. Nantinya tes napas ini akan menjadi semudah tes darah atau tes urine untuk mendeteksi penyakit. Kemudahan ini diharapkan akan membuat wanita rajin melakukan tes kanker secara rutin agar penyakit yang mematikan itu bisa diminimalisir resikonya.

Comments

Related Post

9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui

9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui

Tumbuhan kersen atau talok miliki nama latin Muntingia calabura. Pohon kersen tergolong pohon yang mengalami pertumbuhan sangat cepat dan tingginya bisa lima hingga sepuluh meter. Dengan daun berbulu dan lengket, pohon kersen memiliki buah warna merah ketika matang. Pada umumnya buah kersen memiliki diameter sekitar 1,5 cm. Rasa buah ini sangat manis dan memiliki tekstur Read More »

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »

Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

Bakteri E-coli Picu Penyakit Lebih Parah

okein.com – Bakteri E-coli (Escherichia coli) adalah sekelompok bakteri yang biasanya ditemukan dalam makanan dan air. Pada umumnya dari bakteri ini tidak berbahaya, namun beberapa jenis mampu menimbulkan berbagai penyakit. Disamping itu, Racun dari bakteri ini sering menyebabkan masalah perut dan usus, seperti diare dan muntah. Contoh beberapa makanan yang dapat menularkan bakteri E.coli adalah Read More »

Ini Dia Kandungan Nutrisi dalam Cokelat Hitam

Ini Dia Kandungan Nutrisi dalam Cokelat Hitam

okein.com – Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang belum tercampur dengan bahan tambahan lainnya. Sebatang cokelat hitam biasanya terbuat dari 70-85% kakao yang mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, 89% tembaga, 98% mangan, serta kalium, fosfor, seng, dan selenium. Cokelat hitam diketahui kaya akan zat antioksidan seperti flavanol, polifenol dan catechin yang efektif Read More »