Inilah Sisi Negative Mengenalkan Teknologi Secara Dini

Advertisement

okein.com – Ada banyak orang tua yang dengan bangga bila anak mereka belum bida membaca tapi sudah bisa mengoperasikan barang-barang teknologi terbaru seperti smartphone ataupun tablet.

Tapi yang perlu ditanyakan sepenting itukah teknologi untuk anak-anak di usia dini. Pada kenyataanya ada satu sisi negative yang juga perlu kita pertimbangkan masak-masak apakah tindakan memberikan kebebsan gadget untuk anak usia dini emmang benar-benar dibutuhkan.

Berikut beberapa pemaparan tentang efek buruk pengenalan gadget untuk anak.
Cenderung malas dan tidak disiplin
Teknologi memang memudahkan kita. Tapi jangan biarkan teknologi membuat anak-anak kita menjadi malas. Anak-anak seharusnya bermain-main dengan gembira di luar rumah. Menikmati matahari dan mengenal lingkungannya.

Pengenalan teknologi yang terlalu dini bisa menyebabkan anak Anda menjadi pemalas. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di sofa bermain video games. Ini akan membuat anak Anda kehilangan kontak dengan teman mereka yang nantinya akan berpengaruh di kehidupannya.

Awas tanpa disadari mereka belajar kekerasan
Banyak jenis video games yang menunjukkan adegan kekerasan. Jangan meremehkan hal ini karena anak Anda bisa belajar meniru dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Anak Anda akan merasa bahwa kekerasan adalah hal lumrah yang terjadi di kehidupannya.

Untuk itu, Anda harus terus mengawasi mereka saat bermain video games. Jangan lupa memberikan nasehat bahwa kekerasan tersebut tidak nyata dan menjadi hal buruk di dunia nyata.

Dewasa belum pada waktunya
Anak-anak kecil yang terlalu cepat mengenal teknologi akan menjadi dewasa sebelum waktunya. Contohnya kini bisa kita lihat bahwa anak-anak usia 8-10 tahun lebih tertarik ke konten-konten dewasa di sosial media. Anak-anak bisa kehilangan kepolosan dan menjelajah banyak hal diluar pengertian mereka.

Sebagai tips untuk orang tua, Anda harus terus mengawasi penggunaan internet mereka. Jangan biarkan mereka membuat akun di jejaring sosial sendiri hingga umur tertentu yang dirasa sudah siap.

Jadi, tidak ada alas an yang tepat untuk harus mengenal teknologi secara dini. Jangan anggap ketinggalan jaman kalau anak-anak tidak bisa memakai tablet atau smartphone. Tidak usah risau kapan garus mengenalkannya nanti kalau sudah saatnya tanpa diajarkan anak-anak akan mengerti dengan sendirinya. Tidak semua anak itu kelihatan bodoh tanpa gadget. Perlu banyak alas an untuk dikatakan pintar dan bukan gadget yang membuat mereka cerdas. Kita harus bijak menyikapinya.

Advertisement

Inilah Sisi Negative Mengenalkan Teknologi Secara Dini | Sri Widayati | 4.5

Leave a Reply