TOP News
Home » Sehat » Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes
Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

okein.com – Mungkin banyak yang belum tau ternyata susunan kelahiran dalam keluarga berpengaruh pada kesehatan tiap anak, lho. Setidaknya hal inilah yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Selandia Baru. Anak sulung diduga mengalami resiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan diabetes ketimbang saudaranya yang lain.

Sensitivitas insulin pada si sulung 33% lebih rendah daripada anak kedua. Pada orang dengan sensitivitas rendah terhadap insulin, sel-sel tubuh kurang mampu merespon insulin. Akibatnya pankreas harus bekerja lebih keras. Kondisi ini akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Urutan kelahiran dapat mempengaruhi komposisi metabolisme tubuh pada anak-anak. Meskipun tidak begitu jelas alasan bagaimana urutan kelahiran dapat mempengaruhi metabolisme, tetapi para peneliti meyakini perbedaan dalam aliran darah plasenta memainkan peran dalam hal ini.

Maka, baik anak sulung maupun urutan kelahiran berapapun sebaiknya memperhatikan asupan gizi dan mengontrol gaya hidup agar lebih sehat. Jangan lupa untuk menambahkan olahraga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan minimal 3 kali seminggu. Karena kesehatan ada ditangan kita bukan hanya terpacu pada observasi penelitian saja.

Comments

Related Post

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

Terlalu banyak minum kopi tingkatkan resiko terkena diabetes!

okein.com – Ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Seperti yang diungkap dari sebuah penelitian bahwa mengonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe-2,trutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan orang yang memiliki metabolism lambat. Hal tersebut diungkap setelah peneliti mengamati 1.180 pasien berusia 18 hingga 45 tahun yang Read More »

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

geoklik.com – Olah raga yoga merupakan sebuah bentuk olah tubuh yang berasal dari India. Konsep olah raga ini adalah dengan menggabungkan antara unsur gerakan tubuh dengan pernafasan yang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Dilansir dari laman App for Health (09/01/2014) bahwa olah raga yoga mampu meningkatkan mood, fokus dalam bekerja serta meredakan stres. Dengan mengandalkan Read More »

6 Macam sayuran berikut kaya akan protein

6 Macam sayuran berikut kaya akan protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »

Telur Rebus, Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Telur Rebus, Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Memiliki tubuh yang gemuk / obesitas memang jadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, namun terlalu kurus pun juga tidak baik. Tak jarang mereka yang terlalu kurus melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Tak sedikit orang yang ingin meningkatkan berat badan demi memiliki tubuh ideal. Sebenarnya ada cara menyehatkan yang mungkin dapat dicoba untuk meningkatkan Read More »