Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

Advertisement

okein.com – Mungkin banyak yang belum tau ternyata susunan kelahiran dalam keluarga berpengaruh pada kesehatan tiap anak, lho. Setidaknya hal inilah yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Selandia Baru. Anak sulung diduga mengalami resiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan diabetes ketimbang saudaranya yang lain.

Sensitivitas insulin pada si sulung 33% lebih rendah daripada anak kedua. Pada orang dengan sensitivitas rendah terhadap insulin, sel-sel tubuh kurang mampu merespon insulin. Akibatnya pankreas harus bekerja lebih keras. Kondisi ini akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Urutan kelahiran dapat mempengaruhi komposisi metabolisme tubuh pada anak-anak. Meskipun tidak begitu jelas alasan bagaimana urutan kelahiran dapat mempengaruhi metabolisme, tetapi para peneliti meyakini perbedaan dalam aliran darah plasenta memainkan peran dalam hal ini.

Maka, baik anak sulung maupun urutan kelahiran berapapun sebaiknya memperhatikan asupan gizi dan mengontrol gaya hidup agar lebih sehat. Jangan lupa untuk menambahkan olahraga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan minimal 3 kali seminggu. Karena kesehatan ada ditangan kita bukan hanya terpacu pada observasi penelitian saja.

Advertisement

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply