TOP News
Home » Sehat » Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

okein.com – Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yakni untuk menghasilkan energi, membangun dan memeliharan jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.

Gizi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan gizi setiap hari.

Berikut ini merupakan Zat Gizi yang disepelekan namun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin K
Tahukah bahwa wanita memerlukan 90 mg vitamin K untuk berperan aktiv dalam pembenkuan darah dan metabolisme dalam tubuh. Bayam dan Brokoli adalah contoh makanan yang disarankan untuk mendapatkan asupan Vitamin K.

Selenium
Makanan yang banyak mengandung selenium yaitu hewan laut, hati, ayam dan daging hewan lainnya. Selenium dibutuhkan sekitar 50 mg setiap harinya. Selenium sangat diperlukan Karen merupakan anti oksidan yang bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan sel dan infeksi.

Kobalamin
Kobalamin berguna sebagai pendukung fungsi kognitif atau kecerdasan, pertumbuhan sel dan pembentukan beberapa asam amino dalam tubuh. Kobalamin bekerjasama dnegan asam folat dalam pembentukan sel darah merah. Kobalamin banyak terkandung dalam telur, daging dan ikan.

Kolin
Kolin berperan penting dalam fungsi sel dalam tubuh. Mineral yang termasuk baru ditemukan ini juga bekerja sama dengan asam folat (vitamin B9) dalam pembentukan janin. Seorang wanita dewasa membutuhkan 435 mg kolin setiap harinya. Kebutuhannya meningkat pada ibu hamil dan menyusui hingga 450 mg per hari.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan energi, relaksasi otot, kekuatan tulang, dan 300 reaksi enzim yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang berusia di bawah 30 tahun membutuhkan 32o mg magnesium setiap harinya. Magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah dan gandum.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

6 Macam Sayuran Berikut Kaya Akan Protein

okein.com – Mungkin Anda sempat berpikir untuk menjadi penganut diet vegetarian dan takut akan kebutuhan protein Anda tidak terpenuhi? Mulai kini jangan takut! Pasalnya ternyata terdapat beberapa jenis sayuran yang kaya akan protein di dalamnya seperti sayuran berikut. Kacang-kacangan Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang kaya akan protein di baliknya. Di setiap 100 gram takaran saji, Read More »

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Sebagai orang indonesia, tentu saja nasi adalah makanan pokok. Bahkan sebagian besar orang indonesia akan sulit merasa kenyang sebelum makan nasi meskipun sudah banyak mengkonsumsi banyak makanan. Makan nasi memang sah-sah saja, namun yang harus di perhatikan adalah takarannya. Sebab nasi mengandung banyak glukosa yang akan meningkatkan kadar gula darah dan berujung pada obesitas atau Read More »

Inilah Manfaat Daun Kelor Yang Tak Kamu Ketahui

Inilah Manfaat Daun Kelor Yang Tak Kamu Ketahui

okein.com – Khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata tidak hanya sebatas mampu untuk jadi obat herbal diabetes saja, namun juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Seperti dilansir dari laman disehat.com bahwa daun kelor ampuh untuk menjadi obat diabetes. Hal tersebut dikarenakan daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Selain menjadi obat Read More »

Daun Mint, Ampuh Mencegah Kanker

Daun Mint, Ampuh Mencegah Kanker

okein.com – Kanker merupakan penyakit mengerikan yang dapat menyerang tubuh Anda karena terjadi peningkatan jumlah sel kanker di tubuh. Akan tetapi jangan khawatir, hal ini dapat di cegah. Salah satu cara yang mudah adalah dengan banyak mengonsumsi makanan sehat serta rempah-rempah juga termasuk di dalamnya. Seperti dikabarkan dari boldsky.com bahwa rempah-rempah jenis daun mint mampu Read More »