Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

Advertisement

okein.com – Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yakni untuk menghasilkan energi, membangun dan memeliharan jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.

Gizi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan gizi setiap hari.

Berikut ini merupakan Zat Gizi yang disepelekan namun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin K
Tahukah bahwa wanita memerlukan 90 mg vitamin K untuk berperan aktiv dalam pembenkuan darah dan metabolisme dalam tubuh. Bayam dan Brokoli adalah contoh makanan yang disarankan untuk mendapatkan asupan Vitamin K.

Selenium
Makanan yang banyak mengandung selenium yaitu hewan laut, hati, ayam dan daging hewan lainnya. Selenium dibutuhkan sekitar 50 mg setiap harinya. Selenium sangat diperlukan Karen merupakan anti oksidan yang bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan sel dan infeksi.

Kobalamin
Kobalamin berguna sebagai pendukung fungsi kognitif atau kecerdasan, pertumbuhan sel dan pembentukan beberapa asam amino dalam tubuh. Kobalamin bekerjasama dnegan asam folat dalam pembentukan sel darah merah. Kobalamin banyak terkandung dalam telur, daging dan ikan.

Kolin
Kolin berperan penting dalam fungsi sel dalam tubuh. Mineral yang termasuk baru ditemukan ini juga bekerja sama dengan asam folat (vitamin B9) dalam pembentukan janin. Seorang wanita dewasa membutuhkan 435 mg kolin setiap harinya. Kebutuhannya meningkat pada ibu hamil dan menyusui hingga 450 mg per hari.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan energi, relaksasi otot, kekuatan tulang, dan 300 reaksi enzim yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang berusia di bawah 30 tahun membutuhkan 32o mg magnesium setiap harinya. Magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah dan gandum.

Advertisement

Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan | Suci Wulandari | 4.5

Leave a Reply