TOP News
Home » Sehat » Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan
Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

okein.com – Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yakni untuk menghasilkan energi, membangun dan memeliharan jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan.

Gizi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan gizi setiap hari.

Berikut ini merupakan Zat Gizi yang disepelekan namun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
Vitamin K
Tahukah bahwa wanita memerlukan 90 mg vitamin K untuk berperan aktiv dalam pembenkuan darah dan metabolisme dalam tubuh. Bayam dan Brokoli adalah contoh makanan yang disarankan untuk mendapatkan asupan Vitamin K.

Selenium
Makanan yang banyak mengandung selenium yaitu hewan laut, hati, ayam dan daging hewan lainnya. Selenium dibutuhkan sekitar 50 mg setiap harinya. Selenium sangat diperlukan Karen merupakan anti oksidan yang bekerja sama dengan vitamin E untuk mencegah kerusakan sel dan infeksi.

Kobalamin
Kobalamin berguna sebagai pendukung fungsi kognitif atau kecerdasan, pertumbuhan sel dan pembentukan beberapa asam amino dalam tubuh. Kobalamin bekerjasama dnegan asam folat dalam pembentukan sel darah merah. Kobalamin banyak terkandung dalam telur, daging dan ikan.

Kolin
Kolin berperan penting dalam fungsi sel dalam tubuh. Mineral yang termasuk baru ditemukan ini juga bekerja sama dengan asam folat (vitamin B9) dalam pembentukan janin. Seorang wanita dewasa membutuhkan 435 mg kolin setiap harinya. Kebutuhannya meningkat pada ibu hamil dan menyusui hingga 450 mg per hari.

Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan energi, relaksasi otot, kekuatan tulang, dan 300 reaksi enzim yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang berusia di bawah 30 tahun membutuhkan 32o mg magnesium setiap harinya. Magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah dan gandum.

Comments

Related Post

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

okein.com – Setiap orang tentu ingin mendapatkan manfaat dan khasiat dari setiap makanan yang diolahnya terlebih untuk kesehatan. Jika Anda adalah salah seorang penyuka wortel, maka cara mengolah wortel yang baik ini wajib Anda ketahui. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan dalam berbagai jenis bahan tambahan masakan dan minuman, mulai dari acar, Read More »

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

Olah raga Yoga, Bantu Atasi Depresi

geoklik.com – Olah raga yoga merupakan sebuah bentuk olah tubuh yang berasal dari India. Konsep olah raga ini adalah dengan menggabungkan antara unsur gerakan tubuh dengan pernafasan yang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Dilansir dari laman App for Health (09/01/2014) bahwa olah raga yoga mampu meningkatkan mood, fokus dalam bekerja serta meredakan stres. Dengan mengandalkan Read More »

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan. Bila pekerjaan Read More »

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Stylista – Rambut disebut-sebut sebagai mahkota setiap wanita dan rambut rontok merupakan salah satu kejadian yang paling tak disukai wanita maupun pria. Banyaknya rambut yang rontok bisa merusak penampilan dan menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok. Seperti tidak seimbangnya hormon, menopause, kehamilan, anemia, menjalankan diet yang salah Read More »