TOP News
Home » Sehat » Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan.

Bila pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak jauh dari computer, berikut yang wajib kita ketahui agar resiko dari kebanyakan duduk dapat diminimalisir.

Posisi kepala dan leher
Pastikan layar computer harus lurus dengan wajah kita. Selain itu mata harus sejajar dengan ujung atas computer atau sepertiga bagian atas computer.

Posisi lengan dan siku
Suku tangan harus membentuk sudat 90 derajat.
Lengan dan siku diletakkan sejajar dengan meja tanpa harus membuat kita membungkuk atau terlalu menaikan punggung. Ketika bekerja menggunakan computer.

Posisi punggung
Punggung membentuk sebuah kurva dan bentuk kurva tersebut harus dijaga agar punggung tidak mudah lelah. Maka itu kita harus menggunakan kursi yang memiliki bantalan punggung.

Posisi kaki
Kaki harus menapak dilantai dengan lurus. Posisi lutut agak condong kebawah dan lebih rendah daripada pinggul. Dengan begitu kedua paha bisa tetap sejajar dengan kedua telapak kaki yang langsung menapak diatas lantai.

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah duduk dalam beberapa jam sekali perlu melakukan gerakan ringan seperti berdiri atau berjalan-jalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk keseimbangan dan menghilangkan jenuh terutama lelah akut yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 Khasiat Mengonsumsi Jus Apel Secara Rutin

7 khasiat mengonsumsi jus apel secara rutin – Buah apel adalah buah yang terkenal di seluruh dunia dan bahkan hampir semua orang menyukainya. Apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘an apple a day, keeps the doctor away’. Maksud dari ungkapan ini adalah apabila Anda mengonsumsi sebutir apel Read More »

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Yuk! Mengenal 8 Organ Alami Penjaga Tubuh

Tanpa kita sadari, tubuh juga rentan sekali terhadap gangguan virus, bakteri maupun kuman penyakit. Namun kita tidak perlu khawatir, sebab tubuh juga memiliki organ tubuh dan mekanisme alami yang bisa melindungi diri kita. Berikut adalah beberapa organ tubuh yang berfungsi menjaga tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit. Kulit Kulit merupakan salah satu alat panca indra Read More »

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Selain Nasi, 5 Karbohidrat Ini Ternyata Sangat Menyehatkan! Mau Coba?

Sebagai orang indonesia, tentu saja nasi adalah makanan pokok. Bahkan sebagian besar orang indonesia akan sulit merasa kenyang sebelum makan nasi meskipun sudah banyak mengkonsumsi banyak makanan. Makan nasi memang sah-sah saja, namun yang harus di perhatikan adalah takarannya. Sebab nasi mengandung banyak glukosa yang akan meningkatkan kadar gula darah dan berujung pada obesitas atau Read More »

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Makan Sebelum Jam Ini, Datangkan Banyak Manfaat

Saat ini semakin banyak saja orang yang menderita masalah yang berkaitan dengan pencernaan penyebabnya adalah pilihan makanan yang kurang sehat dan pola makan yang tidak teratur. Salah satunya adalah pola jam makan, salah satu jam makan yang rentan membahayakan kesehatan adalah jam makan malam. Terlebih ketika Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan berat sebagai menu utama Read More »