TOP News
Home » Sehat » Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam
Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan.

Bila pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak jauh dari computer, berikut yang wajib kita ketahui agar resiko dari kebanyakan duduk dapat diminimalisir.

Posisi kepala dan leher
Pastikan layar computer harus lurus dengan wajah kita. Selain itu mata harus sejajar dengan ujung atas computer atau sepertiga bagian atas computer.

Posisi lengan dan siku
Suku tangan harus membentuk sudat 90 derajat.
Lengan dan siku diletakkan sejajar dengan meja tanpa harus membuat kita membungkuk atau terlalu menaikan punggung. Ketika bekerja menggunakan computer.

Posisi punggung
Punggung membentuk sebuah kurva dan bentuk kurva tersebut harus dijaga agar punggung tidak mudah lelah. Maka itu kita harus menggunakan kursi yang memiliki bantalan punggung.

Posisi kaki
Kaki harus menapak dilantai dengan lurus. Posisi lutut agak condong kebawah dan lebih rendah daripada pinggul. Dengan begitu kedua paha bisa tetap sejajar dengan kedua telapak kaki yang langsung menapak diatas lantai.

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah duduk dalam beberapa jam sekali perlu melakukan gerakan ringan seperti berdiri atau berjalan-jalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk keseimbangan dan menghilangkan jenuh terutama lelah akut yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Comments

Related Post

Air Tebu, Aman Diminum oleh Ibu Hamil

Air Tebu, Aman Diminum oleh Ibu Hamil

Air tebu adalah jenis minuman yang banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan dan manis, jarang yang tahu jika air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman diminum untuk ibu hamil selama tak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena air tebu banyak Read More »

6 Makanan berikut jadi obat asam lambung alami

6 Makanan berikut jadi obat asam lambung alami

okein.com – Bila ada yang mengalami gangguan kesehatan maag, pada umumnya akan bermasalah dengan asam lambung. Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh berbagai alasan dan setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk menanganinya, berikut merupakan enam makanan yang dapat meredakan asam lambung, seperti dilansir WebMD. 1. Pisang Dalam buah pisang terdapat pH 5,6 yang sangat Read More »

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

Ini Dia Cara Mengolah Wortel Supaya Vitaminnya Tidak Rusak

okein.com – Setiap orang tentu ingin mendapatkan manfaat dan khasiat dari setiap makanan yang diolahnya terlebih untuk kesehatan. Jika Anda adalah salah seorang penyuka wortel, maka cara mengolah wortel yang baik ini wajib Anda ketahui. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan dalam berbagai jenis bahan tambahan masakan dan minuman, mulai dari acar, Read More »

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

Waspada Anak Sulung Beresiko Diabetes

okein.com – Mungkin banyak yang belum tau ternyata susunan kelahiran dalam keluarga berpengaruh pada kesehatan tiap anak, lho. Setidaknya hal inilah yang ditemukan oleh sebuah penelitian di Selandia Baru. Anak sulung diduga mengalami resiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan diabetes ketimbang saudaranya yang lain. Sensitivitas insulin pada si sulung 33% lebih rendah daripada Read More »