Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Advertisement

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan.

Bila pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak jauh dari computer, berikut yang wajib kita ketahui agar resiko dari kebanyakan duduk dapat diminimalisir.

Posisi kepala dan leher
Pastikan layar computer harus lurus dengan wajah kita. Selain itu mata harus sejajar dengan ujung atas computer atau sepertiga bagian atas computer.

Posisi lengan dan siku
Suku tangan harus membentuk sudat 90 derajat.
Lengan dan siku diletakkan sejajar dengan meja tanpa harus membuat kita membungkuk atau terlalu menaikan punggung. Ketika bekerja menggunakan computer.

Posisi punggung
Punggung membentuk sebuah kurva dan bentuk kurva tersebut harus dijaga agar punggung tidak mudah lelah. Maka itu kita harus menggunakan kursi yang memiliki bantalan punggung.

Posisi kaki
Kaki harus menapak dilantai dengan lurus. Posisi lutut agak condong kebawah dan lebih rendah daripada pinggul. Dengan begitu kedua paha bisa tetap sejajar dengan kedua telapak kaki yang langsung menapak diatas lantai.

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah duduk dalam beberapa jam sekali perlu melakukan gerakan ringan seperti berdiri atau berjalan-jalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk keseimbangan dan menghilangkan jenuh terutama lelah akut yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Advertisement

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam | Sri Widayati | 4.5

Leave a Reply