TOP News
Home » Sehat » Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

Tetap Sehat Meskipun Duduk Berjam-jam

okein.com – Siapa bilang kesehatan itu hanya milik orang-orang yang bekerja fisik. Tidak perlu kawatir bila saat ini ada diantara kita yang bekerja dengan pikiran dengan duduk berjam-jam. Aktivitas main game yang berlebihan, pekerja kantoran dengan aktivitas fisik yang sangat terbatas harus mengetahui cara duduk yang baik agar terhindar dari berbagai keluhan-keluhan kesehatan.

Bila pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak jauh dari computer, berikut yang wajib kita ketahui agar resiko dari kebanyakan duduk dapat diminimalisir.

Posisi kepala dan leher
Pastikan layar computer harus lurus dengan wajah kita. Selain itu mata harus sejajar dengan ujung atas computer atau sepertiga bagian atas computer.

Posisi lengan dan siku
Suku tangan harus membentuk sudat 90 derajat.
Lengan dan siku diletakkan sejajar dengan meja tanpa harus membuat kita membungkuk atau terlalu menaikan punggung. Ketika bekerja menggunakan computer.

Posisi punggung
Punggung membentuk sebuah kurva dan bentuk kurva tersebut harus dijaga agar punggung tidak mudah lelah. Maka itu kita harus menggunakan kursi yang memiliki bantalan punggung.

Posisi kaki
Kaki harus menapak dilantai dengan lurus. Posisi lutut agak condong kebawah dan lebih rendah daripada pinggul. Dengan begitu kedua paha bisa tetap sejajar dengan kedua telapak kaki yang langsung menapak diatas lantai.

Untuk menjaga agar tidak mudah lelah duduk dalam beberapa jam sekali perlu melakukan gerakan ringan seperti berdiri atau berjalan-jalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk keseimbangan dan menghilangkan jenuh terutama lelah akut yang menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »

Daun Mint, Ampuh Mencegah Kanker

Daun Mint, Ampuh Mencegah Kanker

okein.com – Kanker merupakan penyakit mengerikan yang dapat menyerang tubuh Anda karena terjadi peningkatan jumlah sel kanker di tubuh. Akan tetapi jangan khawatir, hal ini dapat di cegah. Salah satu cara yang mudah adalah dengan banyak mengonsumsi makanan sehat serta rempah-rempah juga termasuk di dalamnya. Seperti dikabarkan dari boldsky.com bahwa rempah-rempah jenis daun mint mampu Read More »

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Penyebab Kerontokan Rambut Yang Jarang Diketahui

Stylista – Rambut disebut-sebut sebagai mahkota setiap wanita dan rambut rontok merupakan salah satu kejadian yang paling tak disukai wanita maupun pria. Banyaknya rambut yang rontok bisa merusak penampilan dan menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok. Seperti tidak seimbangnya hormon, menopause, kehamilan, anemia, menjalankan diet yang salah Read More »

Ibu Hamil, Baik Konsumsi Buah Alpukat

Ibu Hamil, Baik Konsumsi Buah Alpukat

Ibu hamil – Avocado atau yang biasa dikenal dengan buah alpukat ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Dimana kandungan asam folat yang terdapat dalam buah alpukat (Avocado) sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Buah yang memiliki nama latin persea americana ini juga banyak Read More »