Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi

Advertisement

okein.com – Bumi, kembali mendapat ancaman dari benda langit yang ekstra besar. Dalam informasi terbaru diketahui terdapat sebuah asteroid yang tengah melesat dengan lintasan hampir sejajar dengan bumi.

Asteroid yang memiliki kode nama 2014 DX110 ini konon memiliki ukuran sekitar 3 kali bus tingkat di Inggris atau dikenal dengan bus double decker yang diperkirakan bakal melesat ke arah bumi besok pada pukul kurang lebih 21:07 GMT atau 16:07 EST atau tanggal 07 Maret 2014 pukul 04.07 WIB.

Seperti dilansir dari Daily Mail (04/03/2013), meskipun para peneliti telah mengungkapkan jika asteroid yang satu ini hanya akan melintas di antara bumi dan bulan, akan tetapi sehubungan dengan jaraknya yang terlalu dekat dengan bumi sangat mengkhawatirkan.

Diperkirakan, Asteroiid ini ketika melesat melewati bumi dan bulan hanya berjarak sekitar 217 ribu mil atau 350 ribu dari permukaan bumi. Jika apabila nanti lintasannya melenceng maka sangat berpotensi menambrak bumi.

Para peneliti juga memprediksi jika benar-benar nanti menabrak bumi maka akan membentuk sebuah kawah dengan diameter sebesar 10 sampai 20 kali dari ukuran asteroid itu tersebut. Tidak hanya itu, selain menciptakan kawah besar, hempasan energi asteroid ini juga akan menyapu daerah-daerah di dekatnya.

Advertisement

Waspada, Asteroid berukuran 3 kali ukuran bus bakal melintasi bumi | Rudianto Harto Wibowo | 4.5

Leave a Reply