Temuan planet baru di Jagat Raya bertambah 715 buah

Advertisement

okein.com – Ilmuwan yang telah lama bekerja kerasa untuk mengumpulkan informasi tentang planet-planet di alam semesta telah berhasil menemukan lebih dari 715 buah planet baru di luar tata surya.

Jika dijumlahkan, seluruh planet yang telah ditemukan mencapai angka yang fantastis, yakni hampir 1.700 buah.

Penambahan daftar planet baru ini mencakup empat planet yang memiliki diameter 2,5 kali lebih besar dari Bumi, dengan jarak tepat dari garis bintang induknya, yang diyakini jadi kunci untuk kehidupan.

Temuan planet baru oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat (AS) dalam perburuan planet melalui bantuan teleskop Kepler. Meski sempat terhenti karena ada masalah pada sistem petunjuk tahun lalu, namun teleskop yang diluncurkan pada 2009 itu secara produktif beroperasi selama empat tahun untuk memantau 160.000 target bintang dengan memantau tanda-tanda planet yang terlewat dari garis penglihatan teleskop.

Temuan planet tersebut diumumkan dalam konferensi pers NASA, Rabu (26/2/2014) waktu setempat, dengan melaporkan tambahan jumlah planet oleh Kepler antara 246-961 buah.

Apabila dikombinasikan dengan hasil temuan teleskop lain, headcount planet di luar tata surya atau exoplanets, jumlah planet sekarang hampir mencapai 1.700 buah.

Sekedar informasi bahwa, sebagian besar planet berada lebih dekat dengan bintang induknya tidak seperti Venus yang mengorbit di matahari dengan jarak sekitar 67 juta mil (108 juta km)

Advertisement

Temuan planet baru di Jagat Raya bertambah 715 buah | Sri Widayati | 4.5

Leave a Reply