TOP News
Home » Tekno » Temuan planet baru di Jagat Raya bertambah 715 buah
Temuan planet baru di Jagat Raya bertambah 715 buah

Temuan planet baru di Jagat Raya bertambah 715 buah

okein.com – Ilmuwan yang telah lama bekerja kerasa untuk mengumpulkan informasi tentang planet-planet di alam semesta telah berhasil menemukan lebih dari 715 buah planet baru di luar tata surya.

Jika dijumlahkan, seluruh planet yang telah ditemukan mencapai angka yang fantastis, yakni hampir 1.700 buah.

Penambahan daftar planet baru ini mencakup empat planet yang memiliki diameter 2,5 kali lebih besar dari Bumi, dengan jarak tepat dari garis bintang induknya, yang diyakini jadi kunci untuk kehidupan.

Temuan planet baru oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat (AS) dalam perburuan planet melalui bantuan teleskop Kepler. Meski sempat terhenti karena ada masalah pada sistem petunjuk tahun lalu, namun teleskop yang diluncurkan pada 2009 itu secara produktif beroperasi selama empat tahun untuk memantau 160.000 target bintang dengan memantau tanda-tanda planet yang terlewat dari garis penglihatan teleskop.

Temuan planet tersebut diumumkan dalam konferensi pers NASA, Rabu (26/2/2014) waktu setempat, dengan melaporkan tambahan jumlah planet oleh Kepler antara 246-961 buah.

Apabila dikombinasikan dengan hasil temuan teleskop lain, headcount planet di luar tata surya atau exoplanets, jumlah planet sekarang hampir mencapai 1.700 buah.

Sekedar informasi bahwa, sebagian besar planet berada lebih dekat dengan bintang induknya tidak seperti Venus yang mengorbit di matahari dengan jarak sekitar 67 juta mil (108 juta km)

Comments

Related Post

NVIDIA Shield, Tablet gaming harga murah

NVIDIA Shield, Tablet gaming harga murah

okein.com – Tertarik dengan tablet gaming canggih berlayar super dan harga nyaman di kantong? Mungkin NVIDIA Shield jadi salah satu pilihan terbaik untuk saat ini. Tablet Android berjalan diatas sistem operasi Android yang hadir dengan menawarkan performa serta grafis unggulan berkat dukungan prosesor NVIDIA Tegra K1 plus layar IPS LCD dengan bentang 8 inci. Alhasil, Read More »

Di iOS, Tampilan Google Hangouts mirip WhatsApp

Di iOS, Tampilan Google Hangouts mirip WhatsApp

okein.com – Google Hangouts baru saja menjalani Update di iOS, Update kali ini google memberikan perubaha yang signifikan. Dimana, Google Hangouts terbaru di iOS sangat mirip dengan WhatsApp. Seperti dikabarkan oleh Mashable (27/2), update Google Hangouts di iOS kali ini memberikan beberapa tabs di bagian bawah yang berisi fitur seperti berkirim video, sticker, maupun lokasi Read More »

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

106 tahun yang lalu di hari ini, meteor Tunguska hantam bumi

okein.com – 30 Juni di 106 tahun yang lalu, jadi hari yang paling bersejarah. Pasalnya, pada hari itu, bumi dihantam salah satu meteor terbesar yang tercatat dalam sejarah modern. Di tanggal 30 Juni tahun 1908 pagi, sebuah meteor dengan ukuran sangat besar jatuh dan menghantam sebuah daerah di Tunguska, Siberia. Alhasil, dari jatunya meteor tersebut Read More »

2 Galaxy Note Dari Samsung Resmi Meluncur!

2 Galaxy Note Dari Samsung Resmi Meluncur!

okein.com – Kini Samsung telah menjawab kabar tentang kehadiran Galaxy Note 4, yang diluncurkan di Berlin Jerman. tidak hanya satu phablet saja, bahkan perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah meluncurkan dua versi Galaxy Note terbaru sekaligus, yakni Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge. Pada acara Samsung Unpacked yang juga dihadiri detikINET, di Berlin, Jerman, Read More »