Wow, Inikah Motor Teraman Dunia?

Advertisement

okein.com – Chak Motors, produsen otomotif asal Rusia, kini tengah mengembangkan Molot motor. Motor ini nantinya bakal mengusung tag line ‘Motor teraman di dunia’ yang telah dibekali teknologi radar.

Dengan teknologi radar ini, pengendara dimungkinkan untuk dapat mendeteksi jikalau ada kendaraan yang terlalu dekat dengan motor yang dikendarai.

Seperti dilansir dari Visordown, Sabtu (28/02/2014), Molot sebenarnya adalah Motor Honda Fireblade yang telah meluncur di tahun 2013 lalu yang mendapatkan modifikasi dan tambahan fitur Predictive Emergency Braking System (PEBS).

Salah satu fitur unggulan Molot adalah teknologi radar. Dimana jika pengendara terlalu dekat dengan mobil yang tengah melambat ada di depan, sistem radar segera memberitahu pengendara melalui ‘flashing light’ dan selanjutnya stang akan bergetar.

Jika pengendara tak memberikan reaksi, maka sistem secara otomatis akan meningkatkan level getaran pada stang dan langsung mengaktifkan sedikit rem secara perlahan.

Dan jika pengendara masih tetap tak bereaksi, maka sistem bakal mengambil kontrol terhadap rem dan melakukan pengereman untuk menghindari tabrakan.

Tidak hanya itu, Molot juga memiliki pemantauan area blind spot melalui sensor yang dipasang di bagian belakang motor, Lane Departure Warning System (LDWS) mampu memperingatkan pengendara ketika keluar jalur tanpa memberikan sein.

Molot, nantinya menggunakan mesin 999,8cc, liquid-cooled, inline 4-silinder. Mesin DOHC itu dicomot dari Honda CBR1000RR yang dipadukan dengan transmisi 6-percepatan.

Untuk mempersingkat waktu produksi, Chak sudah menerapkan teknologi cetak 3D pada Molot. Tak kurang 5 persen dari sepeda motor dibangun dari 3D logam atau plastik.

Dengan fitur berlimpah papan atas, Molot nantinya ditawarkan pada harga yang cukup mencengangkan, bagaimana tidak? Motor ini nantinya dibandrol US$75.000 atau sekitar Rp868 juta.

Advertisement

Wow, Inikah Motor Teraman Dunia? | Rudianto Harto Wibowo | 4.5

Leave a Reply