TOP News
Home » Sehat » Gula Bikin Kecanduan Seperti Kokain
Gula Bikin Kecanduan Seperti Kokain

Gula Bikin Kecanduan Seperti Kokain

okein.com – Semua orang tentu telah mengenal yang manamanya gula, rasanya yang manis menjadikan gula biasa digunakan untuk bahan tambahan menu masakan atau minuman.

Walaupun hanya digunakan sebagai pemanis, akan tetapi mengonsumsi gula dalam jumlah banyak mampu memicu munculnya serangan diabetes. Disamping itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga jadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan dan juga bisa menyebabkan kecanduan layaknya kokain.

Seperti yang dipopulerkan oleh Daily Health Post (24/02) bahwa gula bahkan lebih mungkin menyebabkan kecanduan jika dibandingkan kokain meski gula memiliki efek yang cenderung lebih halus dan tidak terlihat.

Efek yang begitu halus dari banyaknya mengonsumsi gula menjadikan kebanyakan orang yang mengonsumsinya tidak sadar, meski telah berulangkali mengonsumsi yang dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan.

Seperti diketahui bahwa, sewaktu seseorang mengonsumsi gula, otak akan mengeluarkan dopamin dan menjadikan seseorang merasa puas. Hal inilah yang memicu untuk mengonsumsi lebih banyak gula dan ketika insulin dikeluarkan dari darah, pengonsumsi gula akan merasa ingin mengonsumsi gula lagi, sehingga akan menjadi pendorong untuk mengonsumsi lebih banyak gula.

Comments

Related Post

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

Kacang Pikan, Bantu Cegah Terkena Serangan Prostat

okein.com – Kacang adalah salah satu jenis makanan super, dimana manfaat kacang untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan oleh Kacang Pistasio. Kacang yang satu ini memiliki I-arginine yang mampu menjadikan aliran pembuluh arteri lebih fleksibel. Sehingga, bisa mengurangi risiko serangan jantung maupun terkena penyakit stroke. Ternyata yang memiliki manfaat terhadap kesehatan dari Read More »

Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke

Ini Dia Rahasia Tidur Yang Bisa Mencegah Stroke

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, penyebab strok pada umumnya semata-mata hanya gangguan pembuluh darah di otak, dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Biasanya gejala awal stroke ditandai dengan timbulnya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Menurut ekahospital.com, di Indonesia, stroke merupakan Read More »

5 Faktor Penyebab Sariawan

5 Faktor Penyebab Sariawan

Kesehatan – Sariawan bukanlah penyakit yang mematikan, akan tetapi jika kita mengalami gangguan kesehatan sariawan makanan enak jadi terasa tidak enak dan cenderung kehilangan nafsu makan. Sariwan yang tidak segera diobati pada umumnya akan semangkin membesar dan penyembuhanya jadi lebih sulit, alhasil kita akan menderita rasa sakit di bagian mulut sehingga akan menyulitkan kita untuk Read More »

Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

Minyak Ikan Efektif Cegah Pengecilan Otak

okein.com – Sudah bertahun-tahun minyak ikan diketahui baik untuk kesehatan otak. Akan tetapi penelitian terbaru yang diterbitkan Januari 2014 menunjukkan bahwa teryata minyak ikan tak hanya menyehatkan otak saja, namun juga mencegah terjadinya pengecilan volume otak. Seiring bertambahnya usia, volume otak pada umumnya akan menciut. Akan tetapi penciutan otak juga dapat menandakan penyakit yang berkaitan Read More »