TOP News
Home » Tekno » Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan.

Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada fase Perihelion. Yang mana fase Perihelion adalah jarak titik terendah orbit bumi dengan matahari. Jarak orbit tersebut adalah 147.104.780 kilometer.

Orbit bumi memang memiliki jarak berbeda-beda dari matahari, mengingat orbit bumi memiliki bentuk elips. Namun, rata-rata jarak orbit tersebut sendiri berkisar 149.597.871 km. Jarak ini bisa berbeda-beda mulai dari satu hingga dua kilometer.

Mendekatnya orbit bumi dengan bumi ini sendiri diyakini tidak mempengaruhi musim dingin berkepanjangan di bumi bagian utara. Hal tersebut dikarenakan kutub bumi cenderung miring 24 derajat dengan sisi utara sehingga memiliki posisi menjauhi matahari.

Fenomena ini memang biasa terjadi setiap dua tahun sekali. Diketahui terakhir fenomena ini terjadi pada 2 Januari 2013 lalu dan belum lama ini bumi juga berada dalam jarak terdekat dengan matahari.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

Canon Luncurkan Irista, Gudang Foto Cloud

okein.com – Ketika dalam format beta, layanan ini masih disebut Project1709. Tentu saja nama ini tidak enak didengar. Kini, Canon meluncurkannya secara resmi dan dinamai dengan Irista. Seperti dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file sejenis Dropbox dan Box, hanya saja khusus untuk menyimpan foto. Dengan adanya media ini, para fotografer Read More »

Nokia, Diam-diam Kerjakan Proyek Android Misterius

Nokia, Diam-diam Kerjakan Proyek Android Misterius

okein.com – Walaupun kini bisnis mobile Nokia sudah resmi milik Microsoft, namun masih terdapat sebagian tim dalam perusahaan asal Finlandia tersebut yang berencana menyematkan kembali Android dalam perangkat Nokia. Dalam kabar sebelumnya, Satya Nadella selaku CEO Microsoft yang baru sudah menegaskan tidak melanjutkan varian Nokia X dan bakal menggantinya dengan ponsel Lumia entry-level guna mengisi Read More »

Spesifikasi Vivo X5S Singkat

Spesifikasi Vivo X5S Singkat

Okein.com Semua manusia yang tinggal di bumi memiliki smartphone android. Karna Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki manusia. Manusia di bumi akan menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Untuk menghubungi orang-orang yang jauh tidak mungkin menghampiri kerumah 1 per satu. Seiring perkembangan zaman smartphone akan menolong manusia untuk berkomunikasi dengan siapapun. Read More »

Kualitas Audio Dan Video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Kualitas Audio Dan Video Masih Jadi Senjata HTC Desire 816

Nampaknya peluncuran HTC Desire 816 dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 juga dibarengi dengan diluncurkannya HTC Desire 610. Peter Chou selaku CEO HTC mengungkapkan, smartphone memiliki kemampuan menengah ini desain khusus untuk memberikan pengalaman maksimal khususnya bagi pengguna yang suka menikmati audio dan video berkualitas. Kemampuan HTC tersebut tak lepas dari fitur canggih lainnya, Read More »