TOP News
Home » Tekno » Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan.

Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada fase Perihelion. Yang mana fase Perihelion adalah jarak titik terendah orbit bumi dengan matahari. Jarak orbit tersebut adalah 147.104.780 kilometer.

Orbit bumi memang memiliki jarak berbeda-beda dari matahari, mengingat orbit bumi memiliki bentuk elips. Namun, rata-rata jarak orbit tersebut sendiri berkisar 149.597.871 km. Jarak ini bisa berbeda-beda mulai dari satu hingga dua kilometer.

Mendekatnya orbit bumi dengan bumi ini sendiri diyakini tidak mempengaruhi musim dingin berkepanjangan di bumi bagian utara. Hal tersebut dikarenakan kutub bumi cenderung miring 24 derajat dengan sisi utara sehingga memiliki posisi menjauhi matahari.

Fenomena ini memang biasa terjadi setiap dua tahun sekali. Diketahui terakhir fenomena ini terjadi pada 2 Januari 2013 lalu dan belum lama ini bumi juga berada dalam jarak terdekat dengan matahari.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex Mini

Di Kutub Utara Ternyata Pernah Hidup T-Rex Mini

okein.com – T-Rex atau yang biasa kita kenal dengan Tyrannosaurus Rex adalah predator mengerikan yang sempat ada di zaman dinosaurus, hewan ganas yang satu ini ternyata tidak hanya hidup di daerah beriklim hangat saja. Namun T-Rex ini (T-rex mini) juga hidup di Kutub Utara. Seperti dikabarkan dari Guardian LV (13/3), dinosaurus spesies pygmy atau cebol Read More »

PNY Hadirkan SSD Drive Handal 480GB

PNY Hadirkan SSD Drive Handal 480GB

okein.com – Kini banyak pengguna perangkat dekstop atau laptop yang biasa dibuat pusing ketika media penyimpanan data internal miliknya sudah penuh. Untuk mengatasi hal tersebut PNY telah meluncurkan SSD Drive 480 GB dengan kualitas terbaik khas PNY. SSD (Solid State Drives) bergaya XLR8 milik PNY kali ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman komputasi yang tangguh Read More »

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

Apacer C320 Punya Interface USB Ganda

okein.com – Belum lama ini Apacer telah merilis sebuah produk baru, yakni Charger USB Ganda C320. Apacer menjelaskan jika perangkat ini mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk Anda dalam mengisi gadget ketika kehabisan baterai habis di tengah perjalanan. Fitur Apacer C320 untuk kendaraan ini sendiri telah didesain khusus untuk mengisi baterai secara cepat dan portabilitas, Read More »

Menarik, Kamera Depan HTC One Lebih Ampuh Dari Kamera Belakang

Menarik, Kamera Depan HTC One Lebih Ampuh Dari Kamera Belakang

okein.com – Banyak yang mengira jika kamera depan dalam smartphone tentu tidak lebih baik dari kamera belakang yang notabene memiliki fungsi sebagai kamera utama. Hal ini lah yang diputarbalikkan oleh pengembang smartphone HTC melalui smartphone andalannya, yakni HTC One M8. Apabila smartphone dengan kamera yang handal lain seperti Lumia 1020 mempunyai kamera depan berkekuatan 20 Read More »