TOP News
Home » Tekno » Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari
Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan.

Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada fase Perihelion. Yang mana fase Perihelion adalah jarak titik terendah orbit bumi dengan matahari. Jarak orbit tersebut adalah 147.104.780 kilometer.

Orbit bumi memang memiliki jarak berbeda-beda dari matahari, mengingat orbit bumi memiliki bentuk elips. Namun, rata-rata jarak orbit tersebut sendiri berkisar 149.597.871 km. Jarak ini bisa berbeda-beda mulai dari satu hingga dua kilometer.

Mendekatnya orbit bumi dengan bumi ini sendiri diyakini tidak mempengaruhi musim dingin berkepanjangan di bumi bagian utara. Hal tersebut dikarenakan kutub bumi cenderung miring 24 derajat dengan sisi utara sehingga memiliki posisi menjauhi matahari.

Fenomena ini memang biasa terjadi setiap dua tahun sekali. Diketahui terakhir fenomena ini terjadi pada 2 Januari 2013 lalu dan belum lama ini bumi juga berada dalam jarak terdekat dengan matahari.

Comments

Related Post

Menarik, kamera depan HTC One lebih ampuh dari kamera belakang

Menarik, kamera depan HTC One lebih ampuh dari kamera belakang

okein.com – Banyak yang mengira jika kamera depan dalam smartphone tentu tidak lebih baik dari kamera belakang yang notabene memiliki fungsi sebagai kamera utama. Hal ini lah yang diputarbalikkan oleh pengembang smartphone HTC melalui smartphone andalannya, yakni HTC One M8. Apabila smartphone dengan kamera yang handal lain seperti Lumia 1020 mempunyai kamera depan berkekuatan 20 Read More »

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

okein.com – Tren one-tap messaging nampaknya kini mulai merambah ke Instagram. Layanan jejaring sosial untuk berbagi foto tersebut telah meluncurkan aplikasi yang disebut dengan Bolt ke beberapa pengguna secara terbatas. Bolt memang sengaja diciptakan untuk menyaingi aplikasi sejenis seperti Yo, TapTalk dan Snapchat. Dengan aplikasi Bolt, pengguna dimungkinkan untuk berbagi foto atau video dengan cepat Read More »

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Terbaru

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Terbaru

Kabar terbaru hadir dari Sammobile terkait Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy A8. Menurutnya, Samsung segera merilis smartphone anyar yang diperkirakan Samsung Galaxy A8 (SM-A800F). Dikabarkan dari laman Phonearena, Selasa (14/4/2015), layaknya tiga ponsel pintar seri Galaxy A (Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7), Galaxy A8 ini dibalut dengan bahan logam. Galaxy A8 dikabarkan juga Read More »

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

Misterius, cahaya di alam semesta hampir hilang seluruhnya

okein.com – Jika bumi dipenuhi oleh cahaya dari matahari, maka alam semesta penuh dengan cahaya dari berbagai galaksi dan bintang. Akan tetapi saat ini terdapat fakta jika hampir seluruh cahaya tersebut hilang entah ke mana. Seperti dikabarkan dari Daily Mail (11/07), antariksawan dibuat bingung dengan fakta yang menunjukkan defisit cahaya yang masif di alam semesta, Read More »