TOP News
Home » Tekno » Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari
Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan.

Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada fase Perihelion. Yang mana fase Perihelion adalah jarak titik terendah orbit bumi dengan matahari. Jarak orbit tersebut adalah 147.104.780 kilometer.

Orbit bumi memang memiliki jarak berbeda-beda dari matahari, mengingat orbit bumi memiliki bentuk elips. Namun, rata-rata jarak orbit tersebut sendiri berkisar 149.597.871 km. Jarak ini bisa berbeda-beda mulai dari satu hingga dua kilometer.

Mendekatnya orbit bumi dengan bumi ini sendiri diyakini tidak mempengaruhi musim dingin berkepanjangan di bumi bagian utara. Hal tersebut dikarenakan kutub bumi cenderung miring 24 derajat dengan sisi utara sehingga memiliki posisi menjauhi matahari.

Fenomena ini memang biasa terjadi setiap dua tahun sekali. Diketahui terakhir fenomena ini terjadi pada 2 Januari 2013 lalu dan belum lama ini bumi juga berada dalam jarak terdekat dengan matahari.

Comments

Related Post

Akhir 2014, Apple rilis Macbook dan monitor 4K

Akhir 2014, Apple rilis Macbook dan monitor 4K

okein.com – Akhir tahun 2014 nampaknya bakal jadi akhir tahun yang sibuk untuk Apple. Dimana, setelah dikabarkan segera merilis iPhone 6 dan iPad Air terbaru, kini Apple tengah mempersiapkan rencananya untuk menambahkan daftar rilis laptop andalan mereka. Walaupun mempunyai jadwal padat, Apple tetap melanjutkan usaha dalam menciptakan versi tipis dari Macbook Pro, yakni versi 12 Read More »

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

Tak Lama Lagi, Smartphone Android anti sadap segera beredar

okein.com – Maraknya penyadapan dalam dunia telekomunikasi, memaksa produsen pesawat terbang komersial asal Amerika Serikat, Boeing membuat ponsel anti penyadapan. Ponsel tersebut diklaim aman dari pantauan para agensi mata-mata pemerintahan. Seperti yang dikabarkan oleh Reuters (27/2), ponsel yang berjalan diatas sistem operasi Android ini didesain khusus bahan berwarna hitam dan anti rusak yang mampu mengakses Read More »

Samsung Galaxy Duos 3 penerus Galaxy S Duos 2

Samsung Galaxy Duos 3 penerus Galaxy S Duos 2

okein.com – Hanya berselang sekitar 10 bulan dari peluncuran Galaxy S Duos 2, kini Samsung kembali akan menghadirkan generasi penerus dari Galaxy S Duos 2 yaitu Galaxy S Duos 3. Smartphone ini kemungkinan akan dipasarkan dikawasan Asia khususnya Asia bagian selatan dengan Galaxy S Duos 2. Dikutip dari Android Community (02/09), Pada dasrnya Samsung Galaxy Read More »

Sony Xperia Z1 Mini punya Kamera 20,7 MP

Sony Xperia Z1 Mini punya Kamera 20,7 MP

Dari kabarkan sebelumnya apabila seri mini dari phablet Sony Xperia Z1 yang segera meluncur setelah lebih dulu sukses di Jepang, spertinya phablet yang mengusung kamera 20,7MP ini bakal diburu oleh penggemarnya. Belum lama ini, perangkat mini tersebut mulai menampakkan wujudnya di dunia cyber dengan mengusung beberapa bocoran infromasi tentang Sony Xperia Z1 Mini. Dalam gambar Read More »