TOP News
Home » Tekno » Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

Januari 2014, Jadi Titik Terdekat Bumi Dan Matahari

geoklik.com – Apabila Anda sempat merasakan ukuran matahari dalam beberapa hari yang mendekati tanggal 4 Januari 2013 ini melihat matahari nampak lebih besar mungkin ada benarnya. Karena pada hari Sabtu (4/1/2014) pukul 12:00 UTC merupakan masa di mana bumi dan matahari saling berdekatan.

Seperti yang dikabarkan oleh Slate (4/1/2014), pada masa tersebut bumi berada pada fase Perihelion. Yang mana fase Perihelion adalah jarak titik terendah orbit bumi dengan matahari. Jarak orbit tersebut adalah 147.104.780 kilometer.

Orbit bumi memang memiliki jarak berbeda-beda dari matahari, mengingat orbit bumi memiliki bentuk elips. Namun, rata-rata jarak orbit tersebut sendiri berkisar 149.597.871 km. Jarak ini bisa berbeda-beda mulai dari satu hingga dua kilometer.

Mendekatnya orbit bumi dengan bumi ini sendiri diyakini tidak mempengaruhi musim dingin berkepanjangan di bumi bagian utara. Hal tersebut dikarenakan kutub bumi cenderung miring 24 derajat dengan sisi utara sehingga memiliki posisi menjauhi matahari.

Fenomena ini memang biasa terjadi setiap dua tahun sekali. Diketahui terakhir fenomena ini terjadi pada 2 Januari 2013 lalu dan belum lama ini bumi juga berada dalam jarak terdekat dengan matahari.

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

NVIDIA Shield, Tablet Gaming Harga Murah

NVIDIA Shield, Tablet Gaming Harga Murah

okein.com – Tertarik dengan tablet gaming canggih berlayar super dan harga nyaman di kantong? Mungkin NVIDIA Shield jadi salah satu pilihan terbaik untuk saat ini. Tablet Android berjalan diatas sistem operasi Android yang hadir dengan menawarkan performa serta grafis unggulan berkat dukungan prosesor NVIDIA Tegra K1 plus layar IPS LCD dengan bentang 8 inci. Alhasil, Read More »

Ini Dia 5 Smartphone Acer Yang Dirilis Sekaligus

Ini Dia 5 Smartphone Acer Yang Dirilis Sekaligus

okein.com – Acer terlihat agresif dalam mengejar ketertinggalannya di pasar smartphone, hal ini diketahui dari dirilisnya lima smartphone sekaligus. Salah satu dari smartphone ini, dibundling dengan gelang digital Liquid Leap. Lima smartphone acer tersebut diantaranya adalah Acer Liquid X1, E700, E600, Liquid Jade dan Liquid Z200. Kelimanya seperti dikabarkan dari GSM Arena, Minggu (1/6/2014) diperkirakan Read More »

NASA Bakal Kirim Naga Merah Ke Planet Merah

NASA Bakal Kirim Naga Merah Ke Planet Merah

okein.com – Usaha NASA untuk mencari kehidupan di Planet Mars kini terus berlanjut. Saat ini NASA telah merencanakan untuk mengirim Naga Merah, sebuah kapsul luar angkasa SpaceX yang sudah mendapatkan modifikasi sedmikian rupa agar mampu melakukan misi tersebut. Seperti dilansir dari The Verge (9/3/2014), misi ini bakal jadi misi yang kedua setelah Curiosity Rovers didaratkan Read More »

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

Instagram, Hadirkan Layanan Bolt, One-tap Messaging

okein.com – Tren one-tap messaging nampaknya kini mulai merambah ke Instagram. Layanan jejaring sosial untuk berbagi foto tersebut telah meluncurkan aplikasi yang disebut dengan Bolt ke beberapa pengguna secara terbatas. Bolt memang sengaja diciptakan untuk menyaingi aplikasi sejenis seperti Yo, TapTalk dan Snapchat. Dengan aplikasi Bolt, pengguna dimungkinkan untuk berbagi foto atau video dengan cepat Read More »