TOP News
Home » Sehat » 5 Faktor Penyebab Sariawan
Sariawan

5 Faktor Penyebab Sariawan

Kesehatan – Sariawan bukanlah penyakit yang mematikan, akan tetapi jika kita mengalami gangguan kesehatan sariawan makanan enak jadi terasa tidak enak dan cenderung kehilangan nafsu makan.

Sariwan yang tidak segera diobati pada umumnya akan semangkin membesar dan penyembuhanya jadi lebih sulit, alhasil kita akan menderita rasa sakit di bagian mulut sehingga akan menyulitkan kita untuk makan, minum dan bahkan berbicara.

Dikabarkan dari laman palingseru (13/9/2013) bahwa berikut merupakan 5 penyebab sariawan:

1. Gigitan
Pencetus paling umun terjadinya sariawan disebabkan karena gigitan di bagian bibir dalam mulut, hal ini biasa terjadi sewaktu kita makan terlalu cepat, untk menghindari gigitan pada bibir yang bisa membuat sariawan ada baiknya kamu makan pelan pelan aja ya.

2. Makanan pedas
Rasa pedas dalam makanan memang dapat mengugah selera makan, akan tetapi kita harus tahu jika makan terlalu pedas dapat menjadikan suhu tubuh akan meningkat hal ini merupakan salah satu penyebab sariawan.

3. Sikat gigi
Sariawan juga bisa disebabkan karena sewaktu menyikat gigi terlalu kuat, sehingga melukai sedikit organ dalam bagian mulut, adanya luka yang tidak cepat diobati akan menimbulkan sariawan.

4. Herpes
Herpes adalah infeksi virus paling umum yang menyebabkan luka di dalam mulut. Bahkan, luka dalam mulut mungkin salah satu tanda infeksi herpes.

5. Makan panas
Makanan yang terlalu panas juga dapat menyebabkan sariawan, pasalnya bisa membuat mulut terasa terbakar dan menjadi luka.

Apakah anda pernah mengalami sariawan?

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Ini Dia Alasan Kenapa Keringat Manusia Itu Bau

Ini Dia Alasan Kenapa Keringat Manusia Itu Bau

okein.com – Setiap orang tentu pasti memiliki keringat, terlebih setelah mereka melakukan olah raga berat seperti berlari, angkat besi atau nge Gym. Keringat yang keluar dari tubuh manusia itu sangat wajar dan umum terjadi, namun tahukah Anda jika tidak semua keringat itu bau. Seperti diketahui bahwa hampir setiap hari setelah kita beraktifitas berat tubuh kita Read More »

Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

Zat Gizi Yang Disepelekan Tapi Penting Untuk Kesehatan

okein.com – Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yakni untuk menghasilkan energi, membangun dan memeliharan jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan. Gizi memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga tubuh tetap bugar. Oleh karena itu, tubuh harus mendapatkan asupan gizi setiap hari. Berikut ini merupakan Zat Gizi Read More »

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

Awas, Kurang Tidur Sebabkan Gampang Depresi

okein.com – Tahukah Anda bahwa kualitas tidur memiliki hubungan yang erat terhadap kesehatan psikologi seseorang. Mereka yang memiliki jam tidur minim alias kurang yaitu hanya sekitar 5 jam tidur disetiap malamnya akan memiliki resiko depresi sekitar 53 persen. Lebih tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur selama 7-9 jam yang hanya memiliki resiko depresi sekitar Read More »

Kebahagiaan Pernikahan Mempengaruhi Kesehatan

Kebahagiaan Pernikahan Mempengaruhi Kesehatan

okein.com – Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ataukah sebaliknya dibalik tubuh yang kuat ada jiwa yang sehat. Kita tidak harus berdebat mengenai hal itu yang jelas kedua-duanya sangat berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Salah satu contohnya adalah seperti yang dilansir oleh DailyMail.co.uk tekanan dalam pernikahan yang tidak bahagia bisa membuat Anda terkena Read More »