TOP News
Home » Sehat » 5 Faktor Penyebab Sariawan
Sariawan

5 Faktor Penyebab Sariawan

Kesehatan – Sariawan bukanlah penyakit yang mematikan, akan tetapi jika kita mengalami gangguan kesehatan sariawan makanan enak jadi terasa tidak enak dan cenderung kehilangan nafsu makan.

Sariwan yang tidak segera diobati pada umumnya akan semangkin membesar dan penyembuhanya jadi lebih sulit, alhasil kita akan menderita rasa sakit di bagian mulut sehingga akan menyulitkan kita untuk makan, minum dan bahkan berbicara.

Dikabarkan dari laman palingseru (13/9/2013) bahwa berikut merupakan 5 penyebab sariawan:

1. Gigitan
Pencetus paling umun terjadinya sariawan disebabkan karena gigitan di bagian bibir dalam mulut, hal ini biasa terjadi sewaktu kita makan terlalu cepat, untk menghindari gigitan pada bibir yang bisa membuat sariawan ada baiknya kamu makan pelan pelan aja ya.

2. Makanan pedas
Rasa pedas dalam makanan memang dapat mengugah selera makan, akan tetapi kita harus tahu jika makan terlalu pedas dapat menjadikan suhu tubuh akan meningkat hal ini merupakan salah satu penyebab sariawan.

3. Sikat gigi
Sariawan juga bisa disebabkan karena sewaktu menyikat gigi terlalu kuat, sehingga melukai sedikit organ dalam bagian mulut, adanya luka yang tidak cepat diobati akan menimbulkan sariawan.

4. Herpes
Herpes adalah infeksi virus paling umum yang menyebabkan luka di dalam mulut. Bahkan, luka dalam mulut mungkin salah satu tanda infeksi herpes.

5. Makan panas
Makanan yang terlalu panas juga dapat menyebabkan sariawan, pasalnya bisa membuat mulut terasa terbakar dan menjadi luka.

Apakah anda pernah mengalami sariawan?

Publisher

Advertisement

Comments

Related Post

Ini Dia Kandungan Nutrisi Dalam Cokelat Hitam

Ini Dia Kandungan Nutrisi Dalam Cokelat Hitam

okein.com – Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang belum tercampur dengan bahan tambahan lainnya. Sebatang cokelat hitam biasanya terbuat dari 70-85% kakao yang mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, 89% tembaga, 98% mangan, serta kalium, fosfor, seng, dan selenium. Cokelat hitam diketahui kaya akan zat antioksidan seperti flavanol, polifenol dan catechin yang efektif Read More »

Jaga Kesehatan Ginjal Anda Dengan Buah Ini

Jaga Kesehatan Ginjal Anda Dengan Buah Ini

Minum jus buah segar tak hanya sekedar menghilangkan dahaga saja. Namun mengkonsumsi jus buah juga sangat menyehatkan tubuh manusia, seperti menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Berikut adalah daftar buah yang dapat dikonsumsi sebagai jus untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dilansir dari laman Okezone, Sabtu (18/4/2015). Jus buah anggur Khasiat buah anggur memang sudah bukan rahasia Read More »

Telur Rebus, Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Telur Rebus, Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Memiliki tubuh yang gemuk / obesitas memang jadi masalah tersendiri bagi sebagian orang, namun terlalu kurus pun juga tidak baik. Tak jarang mereka yang terlalu kurus melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Tak sedikit orang yang ingin meningkatkan berat badan demi memiliki tubuh ideal. Sebenarnya ada cara menyehatkan yang mungkin dapat dicoba untuk meningkatkan Read More »

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

Minum Kopi, Bantu Bakar Lemak Dalam Tubuh

okein.com – Kopi ternyata tak hanya dikenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan pembangkit tenaga di pagi hari saja. Namun, kopi diketahui juga mampu membantu menurunkan berat badan badan secara efektif, setidaknya demikian seperti yang dilansir dari care2.com. Kopi pada umumnya besar terdiri zat yang dikenal dengan nama kafein, zat ini diketahui baik untuk membakar Read More »