TOP News
Home » Sehat » 5 Faktor Penyebab Sariawan
5 Faktor Penyebab Sariawan Sariawan

5 Faktor Penyebab Sariawan

Kesehatan – Sariawan bukanlah penyakit yang mematikan, akan tetapi jika kita mengalami gangguan kesehatan sariawan makanan enak jadi terasa tidak enak dan cenderung kehilangan nafsu makan.

Sariwan yang tidak segera diobati pada umumnya akan semangkin membesar dan penyembuhanya jadi lebih sulit, alhasil kita akan menderita rasa sakit di bagian mulut sehingga akan menyulitkan kita untuk makan, minum dan bahkan berbicara.

Dikabarkan dari laman palingseru (13/9/2013) bahwa berikut merupakan 5 penyebab sariawan:

1. Gigitan
Pencetus paling umun terjadinya sariawan disebabkan karena gigitan di bagian bibir dalam mulut, hal ini biasa terjadi sewaktu kita makan terlalu cepat, untk menghindari gigitan pada bibir yang bisa membuat sariawan ada baiknya kamu makan pelan pelan aja ya.

2. Makanan pedas
Rasa pedas dalam makanan memang dapat mengugah selera makan, akan tetapi kita harus tahu jika makan terlalu pedas dapat menjadikan suhu tubuh akan meningkat hal ini merupakan salah satu penyebab sariawan.

3. Sikat gigi
Sariawan juga bisa disebabkan karena sewaktu menyikat gigi terlalu kuat, sehingga melukai sedikit organ dalam bagian mulut, adanya luka yang tidak cepat diobati akan menimbulkan sariawan.

4. Herpes
Herpes adalah infeksi virus paling umum yang menyebabkan luka di dalam mulut. Bahkan, luka dalam mulut mungkin salah satu tanda infeksi herpes.

5. Makan panas
Makanan yang terlalu panas juga dapat menyebabkan sariawan, pasalnya bisa membuat mulut terasa terbakar dan menjadi luka.

Apakah anda pernah mengalami sariawan?

Comments

Related Post

9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui

9 Khasiat Ajaib Tanaman Kersen Yang Jarang Diketahui

Tumbuhan kersen atau talok miliki nama latin Muntingia calabura. Pohon kersen tergolong pohon yang mengalami pertumbuhan sangat cepat dan tingginya bisa lima hingga sepuluh meter. Dengan daun berbulu dan lengket, pohon kersen memiliki buah warna merah ketika matang. Pada umumnya buah kersen memiliki diameter sekitar 1,5 cm. Rasa buah ini sangat manis dan memiliki tekstur Read More »

7 Khasiat Buah Pir Yang Wajib di Ketahui

7 Khasiat Buah Pir Yang Wajib di Ketahui

Buah pir di Indonesia sama larisnya dengan buah apel. Mengkonsumsi buah ini setiap hari dipercaya dapat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan terutama yang bisa menyebabkan penyakit kronis. Sebab buah pir banyak mengandung serat, zat antioksidan, dan flavonoid yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Khasiat buah pir memang luar biasa. Dikabarkan dari laman healthmeup.com, berikut Read More »

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

Minyak Ikan, Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak

okein.com – Jika anak Anda mengalami gangguan tidur atau susah untuk tidur maupun sering terbangun di malam hari, mungkin Anak Anda mengalami kekurangan nutrisi penting. Dalam sebuah penelitian diketahui jika anak yang menginsumsi suplemen minyak ikan mempunyai kemampuan tidur lebih lama dan lebih jarang terbangun di malam hari. Hal tersebut dikarenakan, dalam minyak ikan terkandung Read More »

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Ingin Punya Tubuh Langsing Sepanjang Masa? Simak Rahasianya

Bagi sebagian wanita tentu tak sedikit yang menginginkan postur tubuh langsing sepanjang usia. Tentunya memiliki tubuh langsing bukan hanya sekedar dengan berolah raga namun ada rahasia-rahasia lain yang jarang diketahui. Seperti dikabarkan dari laman Timesofindia, Rabu (6/5/2015) berikut ini merupakan empat rahasia langsing langsing sepanjang usia. Mengkonsumsi makanan dengan banyak warna Keanekaragaman warna dalam sayur Read More »